Sukses

5 Bahaya Kafein Bila Dikonsumsi Anak-anak

Inilah bahaya konsumsi minuman berkafein bagi anak-anak

Liputan6.com, Jakarta Menganggap minuman mengandung kafein seperti kopi dan minuman ringan tidak berbahaya bila dikonsumsi anak-anak, orangtua modern pun tidak sungkan bahkan tidak berpikir dua kali ketika akan memberikan si kecil minuman berkafein.

Orangtua harus tahu kafein memiliki beberapa efek samping yang dapat membahayakan kesehatan seorang anak. Apa saja bahayanya? Berikut daftarnya seperti dikutip Boldsky, Senin (4/5/2015)

1. Kekurangan vitamin dan mineral

Anak-anak yang terlalu dini menikmati segelas atau sekaleng minuman berkafein cenderung menderita kekurangan vitamin dan mineral.
Seharusnya, orangtua fokus dalam memberikan makanan ke anak-anaknya, dengan tidak mengisi perut si kecil dengan minuman jenis ini. Sebab, selain kafein, minuman ringan kalengan juga mengandung gula cukup tinggi.

2. Merusak gigi

Minuman kaleng adalah musuh gigi anak-anak. Efeknya, gigi berlubang dan menimbulkan masalah mulut lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Obesitas



3. Obesitas

Anak-anak yang mengonsumsi minuman ringan yang mengandung kafein cenderung menjadi obesitas.

4. Gelisah

Kafein berlebih juga dapat menyebabkan gelisah pada anak-anak.

5. Sakit perut

Apakah Anda tahu kalau sakit perut yang diderita si kecil selama ini bisa jadi karena kafein? Hati-hati, sakit perut pun bisa mengganggu aktivitas mereka di sekolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.