Sukses

Buruh Perempuan Rentan Anemia, Apa Tindakan Perusahaan?

Karena penyabab anemia adalah kurangnya sel darah merah, maka buruh perempuan harus mencukupi asupan makanan penuh nutrisi setiap harinya.

Liputan6.com, Jakarta Anemia merupakan gangguan serius dan harus diwaspadai kaum buruh di masa kehamilan. Karena penyebab anemia adalah kurangnya sel darah merah, maka buruh perempuan harus mencukupi asupan makanan penuh nutrisi setiap harinya.

Dan sebagai perusahaan yang memperkerjakan karyawannya, sudah sepatutnya untuk menyediakan makanan layak konsumsi bagi mereka, terlebih yang sedang mengandung. Namun, yang terjadi justru sebaliknya.

"Haduh, boro-boro disediakan makanan. Sekarang itu jarang sekali perusahaan yang memberikan makanan ke buruhnya," kata perwakilan Federasi Buruh Lintas Pabrik (FBLP), Jumisah kepada Health-Liputan6.com, Jumat (1/5/2015)

Untuk memenuhi `isi perut`, lanjut Jumisih, buruhlah yang membelinya sendiri.

Nahasnya, ketika buruh perempuan itu sakit, tak jarang perusahaan enggan menanggung biaya rumah sakit. Padahal, bila buruh mendapatkan perawatan yang tepat, mereka cepat sembuh, dan cepat kembali beraktivitas dan bekerja.

"Biaya rumah sakit ada yang ditanggung ada yang tidak. Tergantung perusahaan. Kalau perusahaan nakal, ya nggak ditanggung. Ya, kalau pun ditanggung paling hanya sebagian kecil," kata Jumisah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.