Sukses

Meski Sudah Bypass, Pasien Jantung Tetap Harus Jalani Hidup Sehat

Usai jalani operasi bypass atau bedah coronary artery bypass graft (CABG) pasien jantung koroner tetap harus melakukan pencegahan sekunder.

Liputan6.com, Jakarta Usai jalani operasi bypass atau bedah coronary artery bypass graft (CABG) pasien jantung koroner tetap harus melakukan pencegahan sekunder.

Spesialis Penyakit Dalam Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Sandra Utami mengatakan, karena saat operasi tidak semua pembuluh darah di-bypass, pasien jantung koroner yang menjalani operasi bypass harus melakukan kontrol rutin supaya penyempitan pembuluh darah tidak terulang.

"Faktor risiko penyakit jantung koroner harus dikontrol, seperti kadar lemak darah, gula darah, dan tekanan darah," kata Sandara Utami diskusi `Siloam Heart Institute Peduli Pasien Pasca Operasi` di Aula Serba Guna Lantai 2 Siloam Hospital, Kebon Jeruk, Jakarta, Selasa (14/4/2015),

Tak lupa, hentikan kebiasaan merokok dan kontrol asupan makanan berlemak. Gantilah keseluruhan menu dengan makanan kaya serat, sayur dan buah-buahan. "Jangan lupa olahraga teratur. Berat badan jangan sampai naik, dan hindari stres," kata Sandara menambahkan.

Setelah menjalani bypass, lanjut dia, pembuluh darah harus dijaga dalam keadaan sehat agar tidak terjadi blokade atau sumbatan lagi.

"Pasien juga harus ingat, kalau pembuluh darah bisa terjadi di daerah lain, seperti di leher yang berakibat stroke," kata Sandara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.