Sukses

Catat, 14 Makanan Pendetoks Hati

Liputan6.com, Jakarta Hati adalah sistem filtrasi tubuh yang menyaring zat-zat berbahaya dalam aliran darah Anda. Terletak di sebelah kanan perut Anda, hati akan menyaring segala sesuatu yang Anda makan atau minum, termasuk obat-obatan.

Selain itu, fungsi hati lainnya adalah menyingkirkan zat berbahaya seperti alkohol, obat-obatan dan racun lainnya, kemudian menghasilkan empedu, yang diperlukan untuk mencerna lemak, mengkonversi nutrisi dari makanan menjadi komponen darah, memecah hemoglobin dan menghancurkan sel-sel darah merah tua, mengatur hormon dan kadar gula darah hingga menghilangkan bakteri dari darah.

Sayangnya, gaya hidup modern dan konsumsi junk food, gorengan, alkohol, rokok, obat-obatan, polusi lingkungan dan obat-obatan adalah masalah serius yang membuat stres hati. Walhasil, hati terlalu banyak kerja untuk memproses racun atau lemak. Nah, untuk menjaga kesehatan hati ternyata ada beberapa makanan yang dinilai dapat membersihkan hati.

Simak ulasannya, seperti dikutip Healthmeup, Sabtu (14/2/2015) berikut ini:

1. Wortel

Wortel mengandung glutathione, protein yang mendetoksifikasi hati. Selain itu, wortel juga mengandung flavonoid dan beta-karoten, yang merangsang peningkatan fungsi hati.

2. Tomat

Selain kaya glutathione, tomat juga mengandung lycopene yang membantu melindungi terhadap kanker.

3. Grapefruit

Selain sumber lain glutathione, buah mirip jeruk yang dalamnya berwarna kemerahan ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang merangsang produksi enzim yang dapat mendetoksifikasi hati.

4. Bawang Putih

Bawang putih yang sarat dengan belerang dapat mengaktifkan enzim yang membuang racun dari tubuh anda. Selain itu, bawang putih juga kaya allicin dan selenium, yang merupakan senyawa membantu membersihkan hati.

5. Sayur Bayam

Bayam mentah yang sarat dengan glutathione, kaya akan klorofil yang berfungsi menyedot logam berbahaya, bahan kimia dan pestisida dalam aliran darah Anda, sehingga melindungi hati Anda.

6. Jeruk nipis

Buah jeruk seperti lemon dan limau kaya akan vitamin C, yang merangsang hati dan juga meningkatkan pencernaan. Selain itu, jeruk nipis juga membantu tubuh Anda mensintesis bahan beracun dalam tubuh Anda.

7. Kubis

Kubis mengandung glucosinolates untuk membuat isothiocyanates (ITC). Kandungan ini merangsang produksi dua enzim yang mendetoksifikasi hati.

8. Bawang merah

Sama seperti bawang putih, bawang merah juga mengandung sulfur, senyawa bau yang merangsang produksi glutathione, yang dapat menetralkan radikal bebas dalam tubuh Anda.

9. Apel

Apel mengandung pektin, zat kimia yang mendorong pelepasan racun dari saluran pencernaan.

10. Brokoli

Sayuran seperti brokoli dan kembang kol memicu pelepasan enzim yang disebut glukosinolat dalam tubuh Anda sehingga merangsang produksi enzim pencernaan dan membantu pembuangan racun dari aliran darah Anda.

11. Asparagus

Asparagus dapat meningkatkan mekanisme pembersihan alami hati.

12. Teh hijau

Teh hijau mengandung jenis antioksidan yang dikenal sebagai katekin, yang merupakan senyawa untuk meningkatkan fungsi hati.

13. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga berguna untuk menyerap semua racun berbahaya dalam tubuh.

14. Telur

Telur memiliki protein tinggi termasuk asam amino yang penting untuk proses detoksifikasi hati sementara kolin berfungsi membersihkan hati dari logam berat berbahaya dari tubuh Anda dan melindungi hati dari kerusakan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS