Sukses

Tak Minum Soda Setahun, Bocah Ini Dapat Rp 6,2 Juta

Bukan hal sulit bagi bocah ini untuk tak soda dan minuman manis selama satu tahun.

Liputan6.com, New York Betapa bahagianya hati Jonathan Sarisky (11) karena berhasil mendapatkan uang sebesar $500 atau setara dengan Rp 6,2 juta. Uang sebesar ini berhasil ia dapatkan karena berhasil menghindari konsumsi soda serta minuman manis lain selama setahun.

Tantangan untuk tidak mengonsumsi minuman manis berasal dari sang orangtua Renee Shifley dan ayah tirinya Rick Shifley, serta ayahnya Jason Sarisky. "Kami menamainya tantangan no-pop," jelas sang ibu di rumahnya seperti dilansir NY Daily News, Senin (5/1/2015).

Terakhir kali Jon minum minuman manis pada tanggal 3 Januari 2014 yaitu minum Fanta Orange. "Aku tidak menggosok gigi sampai tidak lagi mampu merasakannya minuman itu," terang Jon.

Tak cuma soda yang harus dihindari dikonsumsi selama setahun, Jon harus menahan diri untuk tidak minum cokelat panas, milkshake, jus kemasan, bahkan jus buah asli. Selama setahun ia hanya bisa minum air putih.

Perjanjian yang dibuat antara orangtua dan anak ini tak asal dan nampak seperti perjanjian resmi. Dengan jelas disebutkan dalam kontrak hitam di atas putih ini bahwa seperti apa minuman manis yang dimaksud. Tidak lupa, dibubuhi tanda tangan dari semua pihak.

Banyak orang di luar keluarga tidak menyangka Jon mampu melakukan hal ini. Jon pun sebagai bocah kecil mampu disiplin selama setahun untuk bisa menghindari minuman manis. Bahkan Jon mengaku tidak mengalami kesulitan untuk menjalani setahun tanpa minuman manis.

Berlebihan mengonsumi minuman manis serta makanan lain yang kaya gula pada anak memang tidak menguntungkan. Menurut laman Fox News, Senin (5/1/2015) gula berlebih pada anak bisa memicu obesitas dan diabetes tipe 2. Selain itu menurut dokter anak dari Nemours Children's Hospital Orlando, dr. Julie L. Wei banyak pasiennya mengalami batuk, pilek, dan alergi karena berlebihan gula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.