Sukses

Mau Jadi Orangtua yang Efektif, Ingat Gajah Pink

Lantas bagaimana menjadi orangtua yang benar sehingga bisa menghasilkan anak yang baik?

Liputan6.com, Jakarta Ada yang bilang, jadi orangtua itu menyenangkan, sebagian lagi berpendapat merepotkan. Fenomena menarik karena menjadi orangtua memang tidak ada sekolahnya. Lantas bagaimana menjadi orangtua yang benar sehingga bisa menghasilkan anak yang baik?

Sebuah pernyataan menarik diungkapkan oleh Hipnoterapis Klinis Dra. MTh. Widya Saraswati, CCH, CT. Dia mengungkapkan prinsip gajah pink yang bisa mengubah perilaku anak menjadi lebih baik.

"Coba sekarang saya bilang 'Jangan Bayangkan Gajah Warna Pink'. Apa yang ada di pikiran Anda? Bila Anda terbayang ada gajah berwarna pink, berarti Anda bisa membayangkan anak ketika diperintah dengan label buruk. Padahal, saya sudah bilang, jangan tapi Anda masih terbayang juga, apalagi anak. Mereka akan dengan mudah menerima perintah seperti jangan malas, jangan ngompol, jangan ini dan itu dan sebagainya. Apa yang ada di pikiran mereka ketika Anda bilang seperti itu?," kata Widya saat ditemui di bilangan Tebet, Jakarta, Selasa (9/12/2014).

Mengubah perilaku anak bukannya sulit, hanya terkadang orangtua perlu sabar dan memberikan ucapan positif sehingga pikiran positif pula yang akan tertanam dalam benak si kecil.

"Coba perintah anaknya yang pemalas dengan bilang, Duh kamu pasti rajin, kamu senang rajin, kalau kamu rajin, pasti hasilnya baik. Dengan begitu, yang akan tertanam dalam pikiran anak adalah menjadi rajin. Dalam contoh kasus lain, ucapkan kata-kata yang tepat, memberikan label positif, akan mengubah anak berperilaku baik," ujarnya,

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.