Sukses

Baby Daycare Gedung Pertamina, Alternatif Bagi Ortu Pekerja

Baby Daycare dianggap KPAI menjadi salah satu alternatif untuk menjawab permasalahan mengenai pengasuhan anak bagi para orangtua pekerja.

Liputan6.com, Jakarta Tempat penitipan anak seperti Baby Daycare yang berada di Gedung Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, dianggap Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menjadi salah satu alternatif untuk menjawab permasalahan mengenai pengasuhan anak bagi para orangtua pekerja.

Maka itu, sejak awal KPAI telah memberikan rekomendasi serta dorongan kepada seluruh perusahaan yang memberikan fasilitas tempat penitipan anak bagi para karyawan, serta turut memfasilitasi keberadaan lembaga pengasuhan anak.

"Pastinya, ya. Karena tempat penitipan bayi seperti Baby Daycare ini dibangun guna memastikan pemenuhan hak anak, dan tidak menghalangi mereka para orangtua untuk bekerja," kata Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam Sholeh ditulis Health Liputan6.com pada Jumat (5/9/2014)

Akan tetapi, lanjut Asrorun, keberadaan dari pengasuhan anak harus memenuhi standar yang telah ditetapkan untuk gaya pengasuhan alternatif. "Gaya pengasuhannya seperti apa, dan yang pasti pengasuh yang ditugaskan untuk memberikan pengasuhan kepada seorang anak harus memiliki kompetensi juga, baik yang terkait dengan keterampilan teknis, maupun pengendalian emosi. Sebab, yang diasuh ini adalah anak kecil" kata Asrorun menambahkan.

Jika syaratnya seperti ini, sudah tentu calon pengasuh harus memiliki pendidikan yang cukup baik, karena berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan tentang cara mengasuh itu sendiri.

"Dan bagaimana juga cara dia menghadapi situasi psikologis pada saat suntuk dan pada saat dia marah. Jangan sampai, semua itu justru memengaruhi pada pola pengasuhan yang tidak terkontrol, dan yang membahayakan," kata dia menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.