Sukses

Bahaya Tidur Seranjang dengan Bayi

Liputan6.com, Jakarta Demi menjaga kedekatan dengan sang buah hati tidak sedikit orang tua yang tidur seranjang dengan bayi. Tidak sedikit juga yang memberikan beragam perhatian dengan memenuhi boneka di ranjang. Siapa sangka hal ini mampu memperbesar risiko kematian pada bayi.

Studi yang dilakukan oleh Children's National Medical Centre menemukan fakta bahwa bayi berusia kurang dari empat bulan berisiko lebih cepat meninggal ketika tidur seranjang bersama orangtuanya. Lalu, bayi berusia lebih dari empat tahun risiko meninggal mendadak datang terjadi saat ada banyak benda di dekat ranjangnya.

Kesimpulan di atas didapatkan setelah meneliti kematian 8000 bayi di 24 negara selama 2004-2012.

"Studi ini menunjukkan bahwa risiko saat tidur berbeda pada usia bayi yang berbeda," tutur Dr Rachel Moon seperti dikutip Health, Rabu (16/7/2014).

Dari penelitian ini juga diketahui bahwa kematian bayi muda saat tidur seranjang dengan orang tua karena bayi belum mampu memindahkan kepala atau tubuh menghindari senggolan orang tuanya saat tidur. Sedangkan, kematian bayi usia 4-12 bulan diakibatkan banyaknya benda-benda di sekitar ranjang seperti selimut, bantal, boneka yang menyebabkan bayi sesak napas.

Loading