Sukses

25 Menit Berharga Hilangkan Stres

Bila Anda merasa hidup ini terasa berat dan tidak bisa lagi merasakan kedamaian dan ketenangan batin, mungkin Anda sedang stres.

Liputan6.com, Jakarta Bila Anda merasa hidup ini terasa berat dan tidak bisa lagi merasakan kedamaian dan ketenangan batin, mungkin Anda sedang stres.

Ada cara mudah untuk mengurangi tekanan hidup yang dirasakan. Caranya, cukup sediakan waktu 25 menit untuk meditasi.

Seperti dikutip Time, Rabu (2/7/2014), para peneliti di Carnegie Mellon University, menyebutkan meditasi cukup efektif untuk melawan stres yang dialami seseorang.

Lakukan dengan memejamkan mata, fokus pada pernapasan sambil merasakan kontraksi otot yang terjadi di seluruh tubuh. Menurut para peneliti, ini akan membantu mendorong keluar tekanan hidup yang dialami.

Penelitian yang dilakukan 66 relawan yang dibagi dua kelompok ini meminta kelompok pertama melakukan meditasi dalam waktu 25 menit per hari selama tiga hari, sedangkan kelompok lain mengikuti pelatihan kognitif dengan menganalisis puisi.

Hasilnya, pada kelompok yang melakukan meditasi, stres yang dialami berkurang dan mereka bahkan mudah mengatasinya dibandingkan kelompok kedua.

Penelitian lain dengan metode meditasi Transcendental Meditation yang dipublikasikan dalam The Permanente Journal pun hasilnya serupa.

Meditasi ini berlangsung selama 20 menit sambil memejamkan mata lalu mmebiarkan pikiran fokus pada ketenangan yang dialami sambil mengucapkan kata-kata positif.

Kesimpulannya, meditasi ini efektif mengurangi stres serta membakar kalori. Bahkan beberapa tokoh seperti Russel Brand, Dr. Mehmet Oz, Ariana Huffington dan Paul Mc Cartney mengikuti meditasi metode Transcendental Meditation. (dik)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini