Sukses

Aplikasi Android Ini Bantu Diabetesi saat Puasa

Merck Sharp and Dhome (MSD) Indonesia meluncurkan aplikasi android Ramadan Diabetes and Me

Liputan6.com, Jakarta Jelang bulan suci Ramadan, berbagai persiapan mulai dilakukan umat muslim dunia termasuk dalam mengontrol gula darah. Bukan tanpa alasan, data International Diabetic Federation menyebutkan 50 juta pasien diabetes dunia berpuasa di bulan Ramadan.
 
Seperti disampaikan Medical Affairs Director MSD Indonesia, Dr Suria Nataatmadja bahwa di Indonesia, pasien diabetes mencapai 8,5 juta orang dan mayoritasnya ingin berpuasa. Dan untuk membantu para diabetesi puasa selama Ramadan dalam mengontrol gula darah, Merck Sharp and Dhome (MSD) Indonesia meluncurkan aplikasi android Ramadan Diabetes and Me.

"Program ini merupakan bagian dalam mengadapi masalah diabetes untuk membantu para pasien diabetes tipe 2 yang ingin melakukan ibadah puasa selama bulan Ramadan. Di aplikasi tersebut, terdapat tata cara mengelola risiko diabetes selama puasa, jadwal shalat, imsak dan buka serta arah kiblat," kata Suria saat ditemui di JW Luwansa, Jakarta, Senin (23/6/2014).

Suria mengatakan, aplikasi ini dibuat karena risiko berpuasa selama Ramadan bagi penderita diabetes sangat berisiko. Hasil penelitian menunjukkan, pola makan yang berubah selama berpuasa dapat menimbulkan risiko komplikasi bagi pasien diabetes tipe 2 diantaranya rendahnya kadar gula darah (hipoglikemia), meningkatnya kadar gula darah (hiperglikemia), pembekuan darah dan dehidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.