Sukses

Dehidrasi Tak Selalu Harus Minum Air

Liputan6.com, Jakarta Untuk melepas dahaga setelah melewati hari yang cukup terik, tak jarang kita lebih memilih untuk meminum segelas air putih atau berwarna. Padahal, bila kita memilih untuk mengonsumsi buah untuk melepas dahaga, tidak hanya dahaga saja yang membaik, vitamin yang berasal dari buah pun akan tubuh kita dapatkan.

Dikutip dari laman Health Me Up, Minggu (1/6/2014), ada beberapa jenis buah yang dapat melepas dahaga Anda.

1. Mentimun

Mentimun memiliki kadar air sebesar 96 persen. Mentimun juga mengandung vitamin A, C, dan K. Vitamin K sangat penting untuk membantu darah Anda membeku. Selain itu, mentimun pun merupakan sumber yang baik dari mineral seperti fosfor, kalium, magnesium, dan kalsium.

2. Lobak

Sayuran bertekstur ini memiliki kadar air sebesar 95 persen. Kaya akan antioksidan, vitamin A, C dan B6, kalsium, magnesium, serat, dan rendah kolesterol, sangat cocok dikonsumsi setelah Anda melewati hari yang cukup terik.

3. Seledri

Seledri memiliki kadar air yang sama dengan lobak yaitu 95 persen. Per tangkainya terkandung enam kalori yang tidak akan membuat Anda gemuk ketika menyantapnya.

Seledri adalah sayuran ringan yang sempurna untuk dijadikan camilan oleh Anda saat musim panas tiba. Mengandung vitamin A, C dan D, folat, serta serat membuat Anda akan merasa kenyang sepanjang hari.

4. Selada

Selada yang kerap ditemui dalam seporsi roti isi daging, memiliki kadar air 95 persen. Selada adalah sayuran yang kaya akan vitamin A, C dan K, folat, elektrolit seperti natrium dan kalium, serta sejumlah mineral seperti kalsium, besi, magnesium, seng, dan lain-lain.

5. Tomat

Jika dibanding seledri dan selada, kadar air di dalam tomat terhitung rendah. Hanya 94 persen. Tapi, tomat yang mengandung vitamin A dan C, kalsium, sodium, dan serat, mampu mengalahkan dehidrasi dalam tubuh dan berdampak baik untuk kesehatan tubuh itu sendiri.