Sukses

Pernah Alami Varises di Pita Suara, Indah Vokalis Maliq n D'essential, Sekarang Mulai Nyanyi Lagi

Penyanyi yang mengeluarkan suara berlebihan atau memaksakan maka berisiko mengalami gangguan di pita suaranya.

Liputan6.com, Jakarta Setelah lebih dari enam bulan tidak menyanyi, Vokalis cantik band Maliq n D'essential, Rivani Indriya Suwendi sudah mulai unjuk gigi lagi.

Absennya Indah, demikian biasa disapa, ini akibat gangguan pita suara. Ada varises di sekitar pita suara, kata dokter.

"Sekarang masih masa penyembuhan. Menurut dokter, kemungkinan gangguan pita suara pada penyanyi biasanya akibat adanya varises di sekitar pita suara. Sehingga saya kesulitan untuk menyanyi, so far sih baik-baik saja," kata wanita kelahiran Jakarta, 26 Maret 1980 ini.

Kembalinya Indah membuat semua rekan di Maliq n D'essential lebih menjaga kesehatan dan membantu proses penyembuhannya.

"Sekarang di antara kami, Indah yang hidupnya paling sehat. Kami terus menjaga agar penyakit Indah tidak lagi kambuh. Mengingatkannya untuk banyak istirahat, tidak memaksakan kalau memang tidak sanggup," kata Vokalis Maliq n D'essential, Angga saat diwawancarai Liputan6.com, Senin (10/3/2014).

Sebagai partner Indah di band yang terkenal dengan lagu berjudul Setapak Sriwedari itu, Angga berusaha menyesuaikan bila kondisi rekannya tidak memadai untuk tampil.

"Kalau memang Indah sedang tidak bisa menyanyi, ya kami memaksimalkan dua backing vocalist perempuan yang selalu bareng kami. Indah itu sesuatu di Maliq n D'essential," kata Angga.

Saat ini, Indah sedang menjaga agar tidak berlebihan dalam bersuara. Menurut Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan, dr. Siti Faisa Abiratno, SpTHT, Msc intensitas suara berlebihan akan mengganggu pita suara. Padahal saat ini pita suara Indah mesti dijaga karena sedang dalam pemulihan.

"Varises pita suara sebenarnya bukan terjadi persis di pita suara tetapi bisa di sekitar pita suara. Ini karena pita suara tidak memiliki pembuluh darah. Gangguan pita suara terjadi karena penyanyi terlalu memaksakan, sehingga otot di pita suara terganggu," ujar Siti.

Menurut Siti, semua penyanyi cenderung mengalami gangguan pada pita suara. "Kalau terus memaksakan, suara akan hilang dan butuh waktu panjang untuk penyembuhan. Kalau sudah ada gejala seperti serak, sebaiknya segera istirahat daripada kehilangan suaranya," ujar Siti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini