Sukses

Tips Menghindari Kehilangan Uang Saat Beribadah Haji

Banyak dari calon haji yang kehilangan uang mereka. Ini lima langkah untuk menghindarinya.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari calon haji yang sering kehilangan uang dan barang berharga mereka. Jangan berpikir bahwa di Tanah Suci tidak ada orang yang berbuat jahat.

Aksi pencurian serta penipuan kerap terjadi di sana. Oleh sebab itu, jemaah haji harus selalu waspada akan hal tersebut.

Saat pergi untuk melaksanakan perjalanan ibadah haji, tentu jemaah haji akan membawa bekal berupa uang yang jumlahnya tidak sedikit. Karena itu, jemaah diimbau untuk menyimpan uang secara hati-hati.

Dilansir dari buku Disiplin Berhaji Menuju Haji Mabrur karya H.A Tabrani Rusyan, Berikut cara yang dapat dilakukan calon haji untuk menyimpan uang secara hati-hati:

1. Tukarkan dengan uang pecahan

Dengan menukarkan dengan uang pecahan, memudahkan calon haji saat menggunakan uang tersebut saat belanja tanpa harus menunggu uang kembalian yang terkadang suka ditipu oleh penjual yang merasa berbeda Tanah Air.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jangan letakan uang di satu tempat

Dengan meletakkan uang tidak di satu tempat, akan membantu calon haji supaya tidak kehilangan uang dalam jumlah besar sekaligus.

3. Jangan membuka dompet di tempat umum

Dengan tidak membuka dompet di tempat umum akan mencegah orang lain yang berniat jahat kepada calon haji karena melihat banyaknya uang yang dibawa calon haji.

 

3 dari 3 halaman

4. Jika membawa uang banyak, titipkan di safety box

Sefety box atau yang biasa dikenal dengan deposit box telah tersedia di hotel tempat tinggal calon jemaah. Oleh sebab itu, apabila calon jemaah membawa banyak uang maka dianjurkan untuk menyimpan uang didalam sana untuk menghindari adanya perampokan.

5. Jika ke masjid, bawalah uang secukupnya

Banyak dari calon haji yang suka membawa uang yang berlebihan saat hendak ke masjid. Oleh sebab itu, untuk menghindari adanya kehilangan, maka calon haji dianjurkan untuk membawa uang secukupnya saat ke masjid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.