Sukses

Kiat Jemaah Calon Haji Hindari Mimisan dan Bibir Kering

Jemaah calon haji diminta mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup, serta sering membasahi bibir dengan air minum.

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca panas di Arab Saudi kerap menjadi kendala bagi masalah kesehatan jemaah calon haji. Kepala Bidang Kesehatan Haji Arab Saudi, Melzan Dharmayuli, mengatakan masalah yang biasa dialami jemaah akibat cuaca panas adalah bibir pecah-pecah dan mimisan.

"Tenggorokan kering dan batuk, kulit kering dan gatal serta kaki melepuh," ujar Melzan.

Menurut dia, jemaah calon haji dapat mencegah masalah masalah tersebut dengan beberapa trik. Pertama, kata Melzan, untuk mencegah bibir pecah-pecah, jemaah dianjurkan gunakan pelembap bibir sesering mungkin.

"Taruh pelembap di kantong dan bawa ke mana pun. Oleskan setiap bibir terasa kering atau sehabis makan dan minum," ucapnya.

Kemudian, lanjut Melzan, konsumsi buah dan sayur yang cukup, serta sering membasahi bibir dengan air minum. Dia mengimbau jemaah selalu membawa botol minum kosong yang bisa diisi air zamzam agar lebih efisien.

"Untuk mencegah mimisan, jemaah sangat dianjurkan sering-sering membasahi masker dan menyemprotkan air dengan semprotan yang telah diberikan ke area wajah," kata Melzan.

Bila ingin terhindar dari tenggorokan kering dan batuk, perbanyak minum air putih. Melzan mengatakan agar jemaah calon haji menghindari minuman dingin karena sebaiknya pilih minuman dengan suhu biasa. Menurut dia, minuman dingin cenderung membuat rasa haus semakin menjadi.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kulit Kering

Sementara untuk mencegah kulit kering dan gatal, menurut Melzan, jemaah calon haji dapat menyemprotkan air di daerah yang terkena panas sesering mungkin dan gunakan pelembab kulit.

Adapun untuk mencegah kaki melepuh, lanjut dia, pastikan selalu memakai alas kaki. Melzan juga menyarankan jemaah haji membawa kantong untuk menyimpan alas kaki itu.

"Bawa sendiri dan tidak ditinggalkan di luar masjid atau dititipkan ke teman," tegas Melzan.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.