Sukses

Beredar Foto Piton Makan Manusia di Jakarta, Hoax Kah?

Foto ular piton berukuran sangat besar tengah melumat mangsanya beredar di internet. Namun belum diketahui di mana lokasi pengambilan foto hewan melata tersebut. Berbagai spekulasi pun muncul.

Dalam sebuah foto yang dimuat News.com.au, Jumat (29/11/2013), terlihat ular piton dengan perut menggelembung. Orang-orang di internet yang melihatnya menduga ular itu baru saja memakan manusia. Ada juga yang menyebut piton usai melahap orang mabuk.

"Ular piton makan orang yang sedang mabuk, tergeletak di samping toko minuman keras. Laporan dari Attapady, Kerala, India," kicau warga India Vikraman Nair lewat akun Twitter, @mvnair212.

Dalam lansiran media Rusia, Pravda.ru, diceritakan ada pria mabuk yang tertidur di samping toko minuman keras. Lalu ular piton datang dan melahap lelaki tersebut.

Sumber lain yang dimuat di Facebook menyebut peristiwa piton makan seseorang itu terjadi di Kota Durban Utara, Korea Selatan. Reporter Linda Laina Nyatiri mengklaim dirinya sebagai orang yang mengambil gambar tersebut pada 2012 lalu.

"Hallo semua, ini gambar ular foto usai makan seorang wanita. Saya ambil ini di Durban Utara," ujar Linda lewat akun Facebook-nya.

Versi lain bahkan mengatakan, foto itu diambil di Jakarta. Ketika itu, disebutkan ada seorang pria yang dimakan ular piton pasca-banjir melanda ibukota pada Januari 2013 lalu. Tapi lagi-lagi tak diketahui kebenarannya.

Dalam sebuah situs khusus menganalisa berita bohong alias hoax, Hoax-slayer.com, disebutkan tidak benar bahwa foto itu diambil di Jakarta. Sebab berdasarkan pencarian informasi, tidak ada sumber yang jelas apakah benar ada kejadian tersebut. Dan apabila memang terjadi di Indonesia. Pasti sudah heboh di tanah air. Foto itu pun banyak yang menilai palsu.

Hingga kini lokasi diambil foto ular piton menggelembung dan apa yang dimakan ular itu belum diketahui. Meski demikian, hal tersebut telah membuat heboh jagat maya. (Riz/Mut)