Sukses

Banjir Pasca 2 Badai di Meksiko, 2 Ribu Turis Diterbangkan

Banjir terjang kota-kota di Meksiko pasca-terjangan 2 badai besar, Badai Tropis Manuel dan Badai Ingrid.

Banjir terjang kota-kota di Meksiko pasca-terjangan 2 badai besar, Badai Tropis Manuel dan Badai Ingrid. Akibatnya, sekitar 2 ribu turis di daerah yang paling parah terendam banjir, Acapulco diterbangkan ke kawasan lain yang lebih aman.

Seperti dimuat CNN yang dilansir Liputan6.com, Rabu (18/9/2013), ribuan turis itu dievakuasi oleh tentara dari Resor Acapulco Meksiko dibantu oleh maskapai penerbangan setempat.

Sementara dilakukan pengevakuasian di Acapulco, masih banyak turis dan penduduk setempat terdampar di kota dan di sepanjang pantai barat karena tanah longsor memblokir jalan-jalan utama.

Terjangan Badai Manuel yang diikuti Badai Ingrid, menyebabkan kerusakan meluas di bagian timur Meksiko. Setidaknya 47 orang telah meninggal akibat banjir dan tanah longsor.

Terjangan kedua badai itu baru terjadi lagi sejak 1958. Terjangan kedua badai kuat yang melanda Meksiko kali ini, dalam kurun waktu 24 jam.

Evakuasi

Selain menerbangkan turis dari Acapulco, para tentara yang dibantu oleh maskapai penerbangan lokal juga menerbangkan orang asing serta warga Meksiko yang terdampar ke Ibukota Mexico City.

Mereka dijemput langsung ke lokasi terdamparnya di tempat penampungan ke landasan pacu, karena terminal bandara utama masih ditutup.

"Saya melihat semua orang saling bantu. Aku berusaha untuk pulang," kata turis Kanada Michael Paliti.

Meski lebih dari 2 ribu turis telah dievakuasi, namun 40 ribu orang lagi diyakini telah terdampar di Acapulco.

"Kami putus asa, karena kami tidak bisa kembali ke kota atau pekerjaan kami. Tapi untuk saat ini , tak ada harapan untuk kembali, " ungkap turis lainnya yang bernama Isabel Duarte.

Puluhan kota-kota lain di negara Guerrero barat juga terkena terjangan Badai Manuel, yang mendarat pada hari Minggu 15 September waktu setempat. Selain itu, masyarakat yang tinggal di lereng bukit terpencil juga dikhawatirkan akan terkena dampaknya. Meskipun Badai Manuel telah menghilang ke selatan Meksiko.

Badai Ingrid mendarat pada Senin 16 September waktu setempat di dekat kota La Pesca. Lebih dari 20 ribu orang telah dievakuasi sejak terjangan badai itu di negara bagian Veracruz.

Kini, warga Meksiko berharap bisa mendapati cuaca baik, untuk memberi mereka kesempatan untuk berkumpul kembali dengan kerabatnya. Juga agar memungkinkan tim penyelamat beroperasi dengan leluasa. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini