Sukses

Kejadian Langka, Hiu Ditelan Bulat-Bulat oleh Hiu `Kanibal`

Hiu dogfish sepanjang 1 meter ditelan bulat-bulat oleh hiu jenis sand tiger yang jauh lebih besar.

Ini sudah jadi hukum alam: ikan kecil dimakan oleh ikan besar. Ikan besar dimangsa oleh yang lebih besar, dan seterusnya.

Namun, tak sering dijumpai kejadian tersebut menimpa sesama hiu. Seekor hiu dogfish ditelan bulat-bulat oleh hiu jenis tiger (Carcharias taurus) yang lebih besar -- bahkan saking ganasnya, bertengger di puncak predator laut.

Foto langka tersebut diabadikan para peneliti Ocean Exploration, Remote Sensing dari Laboratorium Biogeography (ORB), University of Delaware, Amerika Serikat.

Awalnya, para ilmuwan berniat menangkap kembali hiu jenis sand tiger yang sebelumnya dipasangi label pelacakan satelit di Teluk Delaware.

Untuk menangkapnya, para peneliti menggunakan kait yang diberi umpan ikan menhaden yang justru disambar hiu kecil jenis dogfish (Mustelus canis).

"Ikan dogfish yang tak beruntung tak bisa menahan diri menyambar menhaden yang jadi umpan. Ia akhirnya malah jadi mangsa salah satu predator puncak di teluk ini," tulis para peneliti ORB di laman Facebook mereka, seperti dikutip dari situs sains LiveScience, Selasa (20/8/2013).

"Ikan dogfish sepanjang 1 meter ditelan bulat-bulat oleh hiu jenis sand tiger yang jauh lebih besar."

Hiu jenis sand tiger juga dijuluki hiu gigi-perobek, karena memiliki tiga baris gigi menonjol yang menakutkan, yang biasa digunakan untuk merobek mangsanya -- biasanya lobster, ikan pari, cumi-cumi, dan ikan yang lebih kecil.

Meski penampakannya mengerikan, hiu jenis ini tidak agresif terhadap manusia. Ia juga biasa dipajang di akuarium karena berhasil ditangkarkan, hingga berukuran panjang 3 meter.

Kabar baik bagi pecinta binatang, hiu lapar dalam foto akhirnya dibebaskan para ilmuwan setelah dipasangi alat pelacak. Sementara mangsanya sesama hiu, terlambat untuk diselamatkan. (Ein/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.