Sukses

Nelson Mandela Ultah ke-95, Presiden Afsel: Ingat Pengorbanannya!

Jacob Zuma mengajak masyarakat memperingati HUT Mandela dengan mengenang jasanya yang telah banyak berjuang untuk negara dan rakyatnya.

Tepat pada Selasa 18 Juli 2013, Nelson Mandela memperingati hari jadi ke-95 tahun. Terkait itu, Presiden Afrika Selatan saat ini, Jacob Zuma pun mengajak masyarakat memperingati hari lahir Mandela dengan mengenang jasa-jasanya yang telah banyak berjuang untuk negara dan rakyatnya.

"Mari kita kembali mengingat pengorbanan Madiba (nama klan Nelson Mandela) dan kontribusinya untuk membangun masyarakat yang lebih baik," kata Zuma sebelum perayaan besar untuk menghormati Mandela Day pada 18 Juli, seperti dimuat Xinhua Kamis (18/7/2013).

Menurut Zuma, cara terbaik untuk merayakan Hari Internasional Nelson Mandela adalah untuk mengenang pengorbanan dan kontribusi yang talah dilakukan oleh ikon anti-apartheid.

Pada tahun 2009, PBB menyatakan 18 Juli sebagai Hari Nelson Mandela Internasional sebagai pengakuan atas kontribusi Mandela untuk membangun masyarakat yang damai dan adil.

"Kami menyatakan hari ini (18 Juli) untuk menghormati Madiba (nama klan Mandela) agar menginspirasi kita semua untuk mengambil tindakan pribadi membantu mengubah dunia menjadi lebih baik, dan menciptakan gerakan berkelanjutan untuk kebaikan di Afrika Selatan dan di luar negeri," ujar Zuma.

"Pada hari ulang tahun ke-95 Madiba ini, semua pikiran kami terfokus pada warisan berharga yang telah diberikan kepada kepada orang Afrika Selatan dan dunia," lanjut Zuma.

Sementara, juru bicara Zuma mengatakan, presiden berharap seluruh rakyat Afrika Selatan dan masyarakat internasional, merekonsiliasi dan merekonstruksi Nelson Mandela Day "Denganmendedikasikan 67 menit dari waktu mereka untuk kegiatan pembangunan bangsa pada 18 Juli," kata juru bicara kepresidenan Afsel, Mac Maharaj.

Nelson Mandela Internasional Day


Sejak tahun 2009, Nelson Mandela Day telah dirayakan oleh masyarakat Afrika Selatan khususnya. Namun untuk perayaan tahun 2013 ini, akan diberikan tema khusus.

Temanya adalah 'Take Action, Inspire Change. Make Every Day a Mandela Day.' Di mana semua orang diimbau untuk meniru perbuatan baik Mandela untuk bangsanya dan dunia. 

Pada Nelson Mandela Day, individu dan organisasi didorong untuk menyumbangkan 67 menit dari waktu mereka untuk berbuat baik bagi masyarakat sebagai pertanda mengenang jasa Mandela yang 67 tahun telah melakukan pelayanan publik.

Kondisi Mandela di hari ulang tahunnya masih kritis namun stabil, menurut update resmi terbaru tentang kesehatannya pada Kamis 11 Juli lalu. Sejak itu, pemerintah belum mengatakan sepatah kata pun tentang kondisi Mandela.

Mandela, yang kini berusia 95 tahun itu merayakan ulang tahunnya di Rumah Sakit Pretoria. Dia telah dirawat di rumah sakit sejak 8 Juni akibat infeksi paru-paru. (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini