Sukses

Mumi Ratu Nefertiti Ditemukan

Ilmuwan Mesir mensinyalir telah menemukan mumi yang diduga sebagai Ratu Nefertiti. Mumi tersebut memiliki ciri-ciri wanita bangsawan dinasti ke-18 yang mempunyai kekuasaan luar biasa.

Liputan6.com, Luxor: Sekelompok ilmuwan Mesir menduga telah menemukan mumi atau jasad yang diawetkan seorang ratu Mesir kuno yang paling tersohor, Nefertiti. Mumi tersebut ditemukan di kuburan rahasia yang disebut &quotKV-35" di lembah para raja dekat Kota Luxor, Mesir.

Keyakinan para ilmuwan bahwa mumi itu adalah Ratu Nefertiti didasari sejumlah alasan. Pertama, mumi tersebut memiliki ciri-ciri wanita bangsawan dinasti ke-18 yang mempunyai kekuasaan luar biasa. Kedua, perhiasan yang dikenakan pada mumi itu mirip dengan yang menurut para pakar dipakai Ratu Nefertiti. Di samping itu, mumi juga ditemukan terkubur di dekat dua mumi lain--seorang perempuan dan laki-laki remaja.

Hikayat, Ratu Nefertiti tercatat sebagai satu di antara wanita yang pernah paling berkuasa di Mesir kuno. Selain sebagai ratu, Nefertiti juga adalah ibu dari dua ratu lainnya. Dalam hidupnya, dia juga dikenal sebagai ibu tiri Raja Tutankhamun.

Beberapa bulan silam, tim arkeolog Yerusalem juga menuai sukses serupa. Mereka mensinyalir menemukan mumi seseorang yang pernah hidup pada 6.000 tahun silam. Mumi tersebut diperkirakan pernah hidup di sekitar lembah Laut Mati [baca: Ditemukan, Mumi Berumur 6.000 Tahun].(ICH/Nlg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini