Sukses

Nenek 58 Tahun di Kanada Pecahkan Rekor Plank Terlama Sedunia, 12 Cucu Jadi Motivasi

Lansia tersebut berlatih melakukan plank selama tiga hingga enam jam dalam sehari dan akhirnya memecahkan rekor dunia dari Guinness World Records.

Liputan6.com, Ottawa - Seorang nenek berusia 58 tahun di Kanada berhasil memecahkan rekor dari Guinness World Records setelah berhasil melakukan plank terlama untuk kategori wanita.

Dilansir ABC News, Selasa (16/4/2024), lansia bernama Donna Jean Wilde itu berhasil melakukan plank selama 4 jam 30 menit dan 11 detik dalam rekor yang ia lakukan di tempat kerjanya pada 21 Maret 2024. Wilde berhasil melakukan plank 10 menit lebih lama dari rekor sebelumnya yang berhasil dilakukan oleh Dana Glowacka asal Kanada pada tahun 2019.

Sebagai syarat agar dapat memecahkan rekor plank, Wilde harus meletakkan lengan dan jari kakinya di tanah, dengan posisi menahan seluruh tubuhnya dan menjaganya agar tetap lurus.

Wilde mengaku bahwa kehadiran 12 cucunya yang menyaksikannya melakukan hal tersebut menjadi sumber motivasinya dalam memecahkan rekor dunia.

Pensiunan wakil kepala sekolah itu diketahui mulai melakukan plank sekitar 12 tahun lalu, setelah mengalami cedera pergelangan tangan dan tidak dapat mengangkat beban atau berlari.

Meski menderita sakit kronis di bagian tangan dan lengannya, Wilde mengatakan dia jatuh cinta dengan olahraga plank setelah menyadari bahwa dia bisa melakukan banyak hal sambil berolahraga, misalnya sambil membaca buku.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Latihan hingga Enam Jam Sehari

Selama ini, Wilde rajin berlatih melakukan plank bahkan hingga tiga jam dalam sehari. Bahkan, selama menyiapkan diri untuk memecahkan rekor, Wilde melakukan plank hingga enam jam dalam sehari.

Meski demikian, Wilde mengaku bahwa dua jam pertama saat ia melakukan plank tampak sangat mudah, namun beberapa jam terakhir terasa sangat berat, terlebih ketika siku dan paha depannya mulai terasa sakit. Namun, tekad Wilde untuk memecahkan rekor plank lebih besar dari semua hal tersebut

"Saya sebenarnya masih tidak percaya. Rasanya seperti mimpi," katanya usai memecahkan rekor.

3 dari 3 halaman

Bagikan Tips Lakukan Plank

Lebih lanjut, Wilde pun membagikan beberapa nasehat bagi siapapun yang terinspirasi dari aksinya memecahkan rekor.

"Teruslah mencoba dan terus berlatih," ujar dia.

"Saat Anda harus membaca atau bekerja di depan komputer, langsung saja ke lantai dan lakukan (plank) di lantai," imbuhnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini