Sukses

Alasan PM Inggris Rishi Sunak Dihujat Pakai Adidas Samba

Berikut inilah alasan mengapa pemakaian Adidas Samba oleh PM Inggris Rishi Sunak menuai kontroversi.

Liputan6.com, London - Ulah Perdana Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengenakan sepatu kets Adidas Samba baru-baru ini, dalam sebuah sesi wawancara memicu polemik.

Adidas Samba yang dijuluki sebagai coolest shoes of the year (sepatu paling keren tahun ini) kini dianggap tidak keren lagi gara-gara PM Rishi Sunak.

Mulai dari masyarakat hingga media, semua orang kini mengolok-olok PM Rishi Sunak karena mengenakan sepatu kets tersebut, dan beberapa orang mengatakan bahwa ia berusaha keras untuk menjadi orang yang menarik dengan memakai alas kaki tersebut.

Rishi Sunak bahkan meminta maaf kepada seluruh penggemar sepatu Adidas Samba setelah dituding merusak kredibilitas mereka saat ia berfoto mengenakan alas kaki tersebut. Dalam pernyataan seperti dikutip dari The Guardian, sang PM Inggris mengatakan dia telah mengenakan sepatu trainer Jerman tersebut "selama bertahun-tahun" dan merupakan "pemuja lama" merek tersebut.

Permintaan maaf tersebut ia sampaikan setelah ia terlihat mengenakan sepatu kets berwarna abu-abu, putih, dan hitam dalam wawancara di Downing Street, dipadukan dengan kemeja putih, celana chino biru tua, dan kaus kaki hitam.

Banyak pengguna media sosial mengatakan mereka akan menjual sepatu mereka secara online karena Sunak telah merusak penampilan semua orang.

Politikus tersebut menuai kebencian di dunia maya karena pilihan alas kaki yang dipilihnya. Bahkan publikasi Inggris pun mengecam Sunak. Mereka menyebutnya sebagai akhir dari Adidas Samba. Mengapa demikian?

Berikut inilah alasan mengapa pemakaian Adidas Samba oleh PM Inggris Rishi Sunak menuai kontroversi, dikutip dari First Post, Sabtu (13/4/2024):

Sunak dan saga Adidas Samba

PM Inggris Rishi Sunak terlihat mengenakan Adidas Samba saat wawancara di Downing Street 10 untuk mempromosikan kebijakan pajaknya. Video tersebut diunggah ke Instagram pada Kamis (11/4) pekan lalu.

Saat dia menjelaskan kebijakan pajak dan pengasuhan anak terbaru dari pemerintah Konservatif, sepatulah yang menjadi perbincangan di kota tersebut. Perdana Menteri Rishi Sunak yang tengah dilanda polemik itu mengenakan sepasang sepatu putih dengan garis-garis biru tua yang dipadu dengan celana panjang tipis dan kemeja putih.

Alas kaki tersebut tampak baru dan bersih, seolah langsung dikeluarkan dari kotaknya. Hal ini hanya membuat para pengamat semakin mengkritiknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hujatan Rakyat dan Pers

Adidas Samba, sepatu kets tiga garis tahun 1950-an, disukai oleh semua orang dan selebriti. Sepatu ini dipuji sebagai favorit bintang pop Rihanna, penyanyi Inggris Harry Styles, dan model Amerika Bella Hadid.

Di London, semua orang memakainya. Menurut Evening Standard, mereka seperti tikus… Anda tidak akan pernah berada lebih dari enam kaki (1,8 meter) dari sepasang Adidas Samba.

Namun mungkin seperti Sunak, popularitas alas kaki tersebut kemungkinan besar akan anjlok. Reaksi yang muncul terpolarisasi, mulai dari masyarakat hingga pers mengecam sang PM Inggris.

"Trainers (sepatunya) sangat membantu (videonya) menjadi mudah dimengerti dan relevan bagi saya," kata seorang pengguna media sosial dengan sinis.

"Benar-benar tidak bisa dimaafkan," tulis salah satu pengguna X.

"Rishi sunak tidak memakai samba itu dengan alasan apapun selain untuk tampil lebih normal. Orang-orang ini sangat menyukai PR dan propaganda…," komentar yang lain.

Komentar di media Inggris tidak menyenangkan. Dalam artikel berjudul "Can Rishi Sunak leave the Adidas Samba alone, please? (Bisakah Rishi Sunak meninggalkan Adidas Samba sendirian?), Majalah GQ menulis, “Tidak dapat diterima.

Dalam upaya untuk menampilkan dirinya sebagai orang yang muda dan trendi (dan, sangat mungkin, sebagai SVP masa depan dari merek teknologi penghindar pajak), Sunak menggunakan sepatu kets yang sangat keren, dan merusaknya untuk semua orang. Bukan berarti pria seusianya atau sejenisnya tidak boleh memakai Samba. Semua orang dan siapa pun boleh memanfaatkan sepatu itu yang benar-benar keren. Hanya saja bagaimana semuanya bisa terlihat transparan dan sinis."

"Adidas Samba adalah sepatu paling keren tahun ini – sampai Rishi Sunak mendapatkan sepasang," baca artikel di The Observer yang ditulis oleh jurnalis gaya hidup dan hiburan Michael Hogan. "Samba tiba-tiba bukan hanya tidak keren – mereka merambah parlemen. Sepatu terpilih dari pemimpin pemerintahan yang sedang sekarat."

"Satu-satunya tempat di mana Samba kini mempunyai kredibilitas adalah Downing Street (kantor PM Inggris). Dan waktu terus berjalan untuk hal itu," tambah Michael Hogan.

Jurnalis Ed Cumming kemudian mentweet, "Memikirkan komunitas Adidas Samba di masa sulit ini."

3 dari 4 halaman

Mengapa Penampilan PM Inggris Rishi Sunak Dibenci?

Rishi Sunak adalah perdana menteri terkaya dalam sejarah Inggris. Dia mengaku tidak memiliki teman kelas pekerja dan kegagalannya menggunakan contactless card atau kartu nirsentuh ketika menjadi anggota parlemen menjadi berita utama. Oleh karena itu, pilihannya untuk mengenakan sepatu kets seharga $100 telah diteliti dengan cermat.

Seperti yang ditulis Daily Mail, itu adalah upaya untuk "mencoba dan tampil normal". Namun, upaya Sunak untuk tampil sebagai orang yang relevan telah menjadi bumerang dan bagaimana caranya.

Hal ini juga tidak membantu jika hal ini terjadi pada saat Sunak dan Partai Konservatif bukanlah partai yang paling populer.

Adapun dukungan terhadap Partai Konservatif yang berkuasa telah jatuh ke level terendah dalam lebih dari empat dekade seiring semakin dekatnya pemilihan umum berdasarkan jajak pendapat yang diterbitkan bulan lalu. Jajak pendapat Ipsos menunjukkan dukungan terhadap Partai Konservatif, yang berkuasa selama 14 tahun, sebesar 20 persen pada akhir Februari, turun tujuh poin persentase dalam sebulan, sedangkan oposisi Partai Buruh sebesar 47 persen.

Pada Desember 2023, popularitas Rishi Sunak dilaporkan turun ke titik terendah yang pernah ada. Survei YouGov menemukan bahwa 70 persen responden (tujuh dari sepuluh) mempunyai pendapat yang tidak menyenangkan tentang dirinya, sementara hanya 21 persen yang mengatakan mereka memandangnya dengan baik.

 

4 dari 4 halaman

Apa yang Dikenakan Politikus Itu Penting

Publik Inggris tidak terlalu senang PM Rishi Sunak mengenakan Adidas Samba di 10 Downing Street. "Bahkan para sneakerhead yang paling bersemangat pun tahu bahwa ada waktu dan tempat untuk menggunakan sol karet, dan publik Inggris telah memutuskan bahwa hal tersebut juga terjadi di depan kamera di 10 Downing Street," kata sebuah artikel di CNN.

Bandingkan dengan Barack Obama. Pada tahun 2019, ia terlihat mengenakan Adidas Stan Smiths di acara Obama Foundation di Kuala Lumpur, Malaysia. Pilihan alas kaki mantan presiden AS itu disebut lucu dan berselera tinggi.

Mengapa ada perbedaan reaksi? Itu karena ini terjadi setelah masa kepresidenannya. Selama berada di Ruang Oval, ia berpakaian konservatif, tetap menggunakan pakaian tradisional. Ia pernah mengenakan setelan jas berwarna cokelat yang menimbulkan keributan namun sejak itu tidak banyak bereksperimen.

Wakil Presiden AS Kamala Harris juga dipuji karena mengenakan sepatu kets selama kampanye tahun 2020. Hal ini dipandang sebagai subversi terhadap aturan berpakaian politik bagi perempuan yang menjabat, di mana mengenakan sepatu hak tinggi atau stiletto dianggap sebagai etika standar.

Di India, perdebatan pun terjadi pada tahun 2019, setelah anggota parlemen Trinamool Mimi Chakraborty dan Nusrat Jahan mengenakan celana dan atasan ke Parlemen. Aktris-aktris Bengali yang populer diolok-olok karena pilihan pakaian mereka, karena sebagian besar politikus perempuan di negara tersebut mengenakan saree secara tradisional.

Pakaian politik adalah ibarat 'permainan bola' yang berbeda dan tidak semua orang bisa menguasainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini