Sukses

Ngabuburit Seru KOREA 360, Bukber dengan Makanan Korea hingga Jajal Budaya Hansik

Korea Creative Content Agency (KOCCA), menyelenggarakan acara bertajuk 'K-NGABUBURIT di KOREA 360' yang diselenggarakan di Main Atrium Pusat Promosi Kebudayaan Korea di Indonesia, KOREA 360, Senin, (25/3/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Korea Creative Content Agency (KOCCA), menyelenggarakan acara bertajuk 'K-NGABUBURIT di KOREA 360' yang diselenggarakan di Main Atrium Pusat Promosi Kebudayaan Korea di Indonesia, KOREA 360, pada Rabu 23 Maret 2024.

Acara ini merupakan hasil kerja sama KOCCA dengan 4 lembaga pemerintah Korea yaitu, Korean Cultural Center Indonesia (KCCI), Korea Tourism Organization (KTO Jakarta), Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT Jakarta), dan Korea International Trade Association (KITA Jakarta).

Acara ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadan, dengan mengusung tema kuliner dan budaya Negeri Ginseng.

Menurut keterangan tertulis dari Korean Cultural Center yang dikutip Rabu (27/3/2024), acara ngabuburit KOREA 360 ini dimeriahkan dengan berbagai hiburan, pengalaman budaya, hingga mencicipi langsung makanan asal Korea. 

Adapun acara ini dibuka dengan beragam program menarik, salah satunya adalah pengalaman dalam mencoba budaya Hansik (한식; makanan Korea) bersama KCCI.

Dalam acara ini KCCI juga mengajak para pengunjung berlomba untuk menemukan kata-kata yang berhubungan dengan hansik serta menjelaskan fungsi dari Kotak Budaya Hansik sebagai alat bantu untuk diplomasi budaya Korea di Indonesia, dan memberikan informasi terkait hasil survei makanan Korea favorit masyarakat Indonesia sebagai santapan berbuka puasa dan Lebaran. 

Acara tersebut dilanjutkan dengan K-Quiz bersama Korea International Trade Association, K-Game Experience bersama Korea Creative Content Agency, Kelas Memasak bersama K-Dosirak Deco, Buka Puasa Bersama KOREA 360, dan juga terdapat pameran buku 'Muslim-Friendly Restaurants in Korea' dan 'KOREA 360 Hanok Cafe Photozone oleh Korea Tourism Organization Jakarta. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buka Puasa dengan Menu Makanan Korea

Acara ngabuburit ini diakhiri dengan kegiatan Buka Puasa bersama KOREA 360, dan seluruh pengunjung yang hadir saat waktu berbuka puasa dapat menikmati masakan Korea yang disediakan secara gratis seperti jumeokbap, japchae, gyeranmari, hotteok, pajeon, sikhye, dan lainnya.

1. Hotteok

Ilustrasi Gen Z di Korea Selatan yang Memilih Menjadi Pedagang Kaki Lima Ketimbang Karyawan Kantoran. Ini Potret Penjual Hotteok di Myeongdong (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

Jajanan ini menjadi salah satu yang paling populer dan kerap dijumpai di drama Korea. Hotteok memiliki bentuk layaknya pancake dengan cita rasa manis dan gurih. Isian Hotteok juga sangat bervariasi mulai dari madu, gula merah, kacang-kacangan dan kayu manis.

2. Pajeon

Pajeon, pancake ala Korea. (dok. Instagram @itsyummylife/https://www.instagram.com/p/CGk1JtyDQNA/)

Pajeon merupakan camilan khas Korea Selatan yang sangat populer bahkan sering muncul dalam adegan-adegan di drama Korea. Pajeon sendiri singkatnya sebuah pancake daun bawang yang bahannya mirip seperti bakwan goreng.

Adapun jenis Haemul Pajeon sendiri merupakan jenis Pajeon yang isinya tidak hanya berisi sayur saja namun juga hidangan seafood yang gurih. Sehingga hidangan ini bisa menjadi salah satu hidangan berbuka puasa yang nikmat.

3 dari 4 halaman

3. Sikhye

Melansir dari 196flavors.com, Sikhye (식혜), shikhye atau shikeh adalah minuman tradisional yang terbuat dari beras dan malt. Minuman ini adalah minuman non-alkohol yang dibuat dari bahan-bahan sederhana yang memerlukan persiapan beberapa jam. 

4. Gyeranmari

<p>Telur dadar gulung. (dok. Instagram @indh_why/https://www.instagram.com/p/B22oQZRgdq-/)</p>

Melansir dari maangachi.com, Gyeranmari adalah telur gulung Korea dan merupakan salah satu hidangan paling populer dan umum untuk dosirak (kotak makan siang) Korea.

Pasalnya, cara membuatnya yang mudah, tampilannya cantik, cocok dipadukan dengan nasi, dan tahan berjam-jam di dalam bekal bekal, serta tetap terlihat lezat dan empuk saat dibuka.

5. Japchae 

Japchae (pixabay)

Japchae atau chapchae adalah salah satu hidangan Korea yang sangat populer. Mengutip dari mykoreankitchen, menu ini merupakan hidangan nomor satu yang dicari terutama selama liburan perayaan Chuseok di Korea.

Biasa dihidangkan untuk hari Tahun Baru dan festival Panen, tetapi juga dinikmati pada hari biasa lainnya. Japchae diterjemahkan sebagai sayuran campuran.

6. Jumeokbap

YouTuber Ini Bikin Nasi Kepal dengan Berbagai Bentuk, 6 Kreasinya Menggemaskan (sumber: YouTube Onigiri Gekijou)

Melansir dari mykoreankitchen.com Jumeokbap atau bola nasi ini bisa dibuat dengan berbagai macam isian, beberapanya diisi dengan minyak wijen, biji wijen, dan garam.

Namun, kamu bisa menambahkan dengan sayuran dan daging ke dalam Jumeokbap ini agar lebih mengenyangkan.

Beberapa restoran Korea mungkin menyajikan semangkuk nasi, yang di atasnya diberi parutan rumput laut kering, minyak wijen, dan daun bawang, sehingga Anda bisa membuat bola nasi sendiri yang super cepat dan mudah saat makanan utama (biasanya daging) sedang dimasak di atas meja.

4 dari 4 halaman

Diselenggarakan oleh Badan Konten Kreatif Korea

Kegiatan ini juga termasuk pameran, zona foto, pengalaman Kotak Budaya Hansik, dan pengalaman K-Game yang berlangsung hingga 29 Maret 2024.

Sementara itu, melansir dari kocca.kr, Korea Creative Content Agency (KOCCA) atau Badan Konten Kreatif Korea mendukung produksi, perencanaan, kreasi, distribusi, ekspansi ke luar negeri, pertumbuhan bisnis, pelatihan, penelitian dan pengembangan, pembiayaan kebijakan, dan studi kebijakan dari berbagai genre, termasuk penyiaran, video game, musik, mode, animasi, karakter, komik, IP, konten konvergensi teknologi baru.

KOCCA berdedikasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menjadikan Korea sebagai pemain utama dalam industri konten di seluruh dunia.

KOCCA juga berencana untuk mendukung infrastruktur industri secara sistematis dan strategis melalui kerja sama erat dengan para pemangku kepentingan, organisasi terkait, dan pusat promosi lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.