Sukses

3 Fakta Menarik Tentang Peringatan Hari Air Sedunia 22 Maret

Tiap tanggal 22 Maret dirayakan sebagai Hari Air Sedunia.

Liputan6.com, New York City - Hari Air Sedunia 2024 dianggap sebagai momentum penting bagi kehidupan kita. Pasalnya, air adalah sumber daya berharga bagi manusia.

Mulai dari minum, memasak, hingga mandi, air merupakan sumber daya alam yang tidak tergantikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sebagian besar air yang kita gunakan untuk aktivitas sehari-hari berasal dari air tanah. Sumber daya alam memainkan peran yang sangat penting dalam memastikan kita memiliki gaya hidup yang stabil dan sehat.

Pentingnya air tawar yang optimal bagi kesehatan. Air tawar menjamin kita tetap sehat, bugar dan baik-baik.

Dengan bertambahnya jumlah penduduk, penggunaan air tanah semakin meningkat sedangkan ketersediaan air semakin berkurang. Kita perlu bekerja keras dan bekerja sama dalam melestarikan air tanah untuk memastikan bahwa kita tidak kehabisan salah satu sumber daya alam yang paling penting.

Berikut ini beberapa hal yang harus kita ingat dalam perayaan Hari Air Sedunia, dikutip dari laman Hindustan Times, Jumat (22/3/2024):

1. Tanggal Peringatan:

Setiap tahunnya, Hari Air Sedunia diperingati pada tanggal 22 Maret. Tahun ini, hari istimewa tersebut jatuh pada hari Jumat.

2. Sejarah Hari Air Sedunia

Pada tahun 1993, Majelis Umum PBB memutuskan bahwa satu hari harus didedikasikan untuk menciptakan kesadaran tentang konservasi dan pentingnya air bersih dalam kehidupan kita. Sejak tahun 1993, tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Makna Hari Air Sedunia

"Hari Air Sedunia merayakan air dan menginspirasi tindakan untuk mengatasi krisis air global. Fokus utama Hari Air Sedunia adalah untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) nomor 6: air dan sanitasi untuk semua pada tahun 2030," tulis PBB di situs resminya.

PBB juga menyebut Hari Air Sedunia adalah hari air dan sanitasi untuk semua orang pada tahun 2030.

Observasi tahunan PBB – diadakan pada tanggal 22 Maret – berfokus pada pentingnya air tawar, dikoordinasikan oleh UN-Water dan dipimpin oleh satu atau lebih Anggota dan Mitra UN-Water dengan mandat terkait.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.