Sukses

PM Jepang Fumio Kishida: Selamat atas Terpilihnya Prabowo Subianto sebagai Presiden RI Periode 2024-2029

PM Jepang menyatakan ingin mendorong berbagai kerja sama bilateral dan bekerja sama dalam menangani situasi regional maupun internasional dengan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, sah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024. Hal tersebut disampaikan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) setelah menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara pada Rabu (20/3/2024) malam.

Pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara dari total keseluruhan suara sah sebanyak 164.227.475. Berdasarkan hasil rekapitulasi nasional, Prabowo-Gibran unggul di 36 provinsi.

Pasca pengumuman tersebut, ucapan pun mengalir kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, termasuk dari para pemimpin negara asing.

"Menanggapi pengumuman KPU Indonesia pada tanggal 20 Maret mengenai terpilihnya Bapak Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih dari hasil pemilihan presiden yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari, dengan ini Bapak Fumio Kishida, Perdana Menteri Jepang mengirimkan surat ucapan selamat kepada Bapak Prabowo, presiden Republik Indonesia terpilih," dengan pernyataan tertulis yang dirilis Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, seperti diterima Liputan6.com pada Kamis (21/3).

"Dalam surat tersebut, Perdana Menteri Kishida menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Bapak Prabowo sebagai Presiden periode 2024-2029. Perdana Menteri Kishida juga menyinggung peningkatan hubungan Jepang dan Indonesia menjadi 'Kemitraan Strategis Komprehensif' pada tahun lalu yang bertepatan dengan peringatan 65 tahun diplomatik antara Jepang dan Indonesia serta menyampaikan keinginannya untuk mendorong berbagai kerja sama bilateral dan bekerja sama dalam menangani situasi regional maupun internasional."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

AS Menantikan Kemitraan Erat dengan Prabowo

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken juga mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto.

"Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya dan sekali lagi memuji masyarakat Indonesia atas partisipasi dan komitmennya terhadap demokrasi dan aturan hukum," sebut Menlu Blinken dalam pernyataan tertulisnya yang dirilis Kedutaan Besar AS di Jakarta seperti diterima Liputan6.com pada Rabu malam.

Menlu Blinken menambahkan, "AS dan Indonesia merayakan 75 tahun hubungan diplomatik yang dilandaskan pada demokrasi dan pluralisme. Sebagai mitra dan kawan dekat dalam Kemitraan Strategis Komprehensif, kita bekerja sama untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kita."

"Kami menantikan untuk bermitra erat dengan presiden terpilih Prabowo Subianto dan pemerintahannya saat dimulainya masa jabatan pada bulan Oktober."

3 dari 3 halaman

Perolehan Suara Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Adapun, pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar ditetapkan KPU meraih 40.971.906 suara.

Sementara itu, pasangan capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperoleh 27.040.878 suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini