Sukses

Kenali Fungsi dan Struktur Ovarium Sebagai Organ Reproduksi Wanita

Ovarium merupakan organ reproduksi wanita. Lantas, apa saja fungsinya?

Liputan6.com, Jakarta - Ovarium merupakan organ reproduksi wanita. Organ ini punya fungsi untuk untuk menghasilkan sel telur, atau ovum dan hormon-hormon wanita.

Mulai dari estrogen dan progesteron. Sementara itu, ovarium terletak di kedua sisi rahim dan terhubung ke rahim melalui tuba falopi.

Lazimnya, ukuran ovarium sekitar 3-5 cm dengan bentuk oval. Setiap ovarium memiliki ribuan folikel yang berisi sel telur.

Setiap bulan satu sel telur akan matang dan dilepaskan dari ovarium melalui proses yang disebut ovulasi.

Selain menghasilkan sel telur, ovarium juga menghasilkan hormon-hormon wanita yang penting untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita.

Meski begitu ovarium juga dapat terdampak sejumlah masalah kesehatan. Mulai dari kista ovarium, endometriosis, dan kanker ovarium.

Berikut ini 5 fungsi dari ovarium dikutip dari bebragai sumber, Rabu (20/1/2024);

1. Produksi sel telur atau ovum

Ovarium punya fungsi dalam memproduksi sel telur atau ovum pada perempuan.

Salah satu ovarium akan melepaskan satu sel telur setiap bulannya, terutama yang telah matang. Sel telur ini akan bergerak melalui saluran tuba falopi menuju rahim, di mana ia dapat dibuahi oleh sperma.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Produksi Hormon Wanita

Ovarium sebagai organ reproduksi juga menghasilkan hormon-hormon seperti estrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini memiliki peran penting dalam kesehatan reproduksi wanita.

Fungsi estrogen yaitu menjaga kesehatan rahim dan payudara, serta membantu meningkatkan kesehatan tulang. Sementara itu, progesteron membantu mempersiapkan rahim untuk menerima sel telur yang telah dibuahi.

3. Kesehatan tulang

Saat hormon estrogen dihasilkan oleh ovarium, maka hal ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang pada wanita.

Hormon estrogen juga membantu menghambat kerusakan tulang, dan meningkatkan pembentukan tulang baru. Kesehatan ovarium yang baik sangat penting bagi kesehatan reproduksi wanita secara keseluruhan.

 

3 dari 3 halaman

4. Siklus Menstruasi

Fungsi ovarium lainnya yaitu berperan penting dalam mengatur siklus menstruasi pada wanita. Setiap bulan, ovarium memproduksi estrogen dan progesteron dalam jumlah yang berbeda-beda, tergantung pada fase siklus menstruasi.

Hormon-hormon ini membantu mengatur pelepasan sel telur, pertumbuhan dan pengelupasan lapisan rahim, dan lain-lain.

5. Produksi Hormon Seks pada Wanita

Ovarium juga memproduksi hormon seks lainnya seperti androgen dan inhibin. Hormon ini berperan dalam perkembangan dan fungsi organ reproduksi wanita, sementara inhibin membantu mengatur produksi hormon folikel stimulan (FSH) pada kelenjar pituitari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.