Sukses

16 Maret 2005: Aktor Robert Blake Bebas dari Kasus Pembunuhan Istrinya

Aktor Robert Blake yang akhirnya dinyatakan tidak bersalah dalam kasus pembunuhan istrinya, meninggal di usia 89 tahun.

Liputan6.com, Los Angeles - Pada 16 Maret 2005, setelah persidangan pidana selama tiga bulan di Pengadilan Tinggi Los Angeles, juri membebaskan aktor Robert Blake dari kasus pembunuhan istrinya, Bonny Lee Bakley.

Selama persidangan pidananya, tim pembela Blake menggambarkan kliennya sebagai sosok yang menyedihkan dan berpendapat bahwa Bakley sengaja mengirimkan surat dan foto telanjang dirinya, guna menjebak Blake untuk menikahinya dengan cara hamil.

Dilansir History, Sabtu (16/3/2024), putri dari pasangan tersebut, Rose, akhirnya lahir pada bulan Juni 2000. Meski Blakey awalnya mengklaim bahwa Rose merupakan anak dari Christian Brando, putra aktor terkenal Marlon Brando, namun akhirnya terbukti bahwa anak itu adalah anak Rose.

Blake dan Bakley akhirnya menikah pada November 2000 hingga 4 Mei 2001, ketika Bakley ditembak mati saat berada di dalam mobil, di luar sebuah restoran di Los Angeles.

Blake ditangkap atas pembunuhan tersebut, sementara penuntut menemukan dua orang lainnya yang disebut telah disuruh Blake untuk membunuh istrinya.

Menurut hasil pemeriksaan, terungkap bahwa dua orang itu merupakan pengguna kokain dan sabu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibebaskan dari Tuduhan

Kemudian ketika Blake dibebaskan, juri menegaskan bahwa mereka tidak mempercayai pernyataan kedua orang itu namun juga menyimpulkan bahwa penuntut telah gagal menyerahkan senjata pembunuhan ke tangan Blake.

Pada November 2005, delapan bulan setelah persidangan pidana berakhir, Robert Blake dinyatakan bertanggung jawab dalam persidangan perdata karena "sengaja" menyebabkan kematian Bonny Lee Bakley.

Ia diminta untuk membayar USD 30 juta kepada anak-anak Bakley, sementara Rose akan diasuh oleh putri sulung Blake, Delinah.

Meskipun dia tidak memberikan kesaksian dalam persidangan pidana, Blake mengambil sikap selama persidangan perdata untuk menyangkal tuduhan tersebut.

3 dari 3 halaman

Sosok Robert Blake

Blake, lahir dengan nama asli Mickey Gubitosi pada 18 September 1933, pertama kali memulai karirnya sebagai aktor sejak usia enam tahun.

Setelah mengganti namanya menjadi Robert Blake, ia membintangi film gangster pada tahun 1960 berjudul "The Purple Gang" dan banyak film lainnya.

Pada tahun 1967, Blake dinilai berhasil memerankan tokoh bernama Perry Smith, salah satu dari dua pembunuh di kehidupan nyata yang berperan dalam film "In Cold Blood karya Truman Capote", ketika buku tersebut diadaptasi ke layar lebar.

Blake meninggal di usia ke-89 tahun akibat serangan jantung di rumahnya di Los Angeles, Amerika Serikat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.