Sukses

Ini Sosok Dokter Terpendek di Dunia dari India, Tingginya hanya 101 Cm

Pria tersebut memiliki tekad yang kuat demi meraih cita-citanya sebagai dokter, terlepas dari keterbatasan fisik yang dimilikinya.

Liputan6.com, New Delhi - Meraih mimpi dan cita-cita memang tidak mengenal batasan. Hal inilah yang dibuktikan oleh Ganesh Baraiya, dokter terpendek di dunia asal India, yang memiliki tinggi hanya sekitar 101 cm.

Pria asal Bhavnagar, Gujarat, India, yang diklaim sebagai dokter terpendek di dunia, tentu menemui banyak kendala dalam perjalanan karir karena tinggi badannya. Namun, dengan tekadnya yang luar biasa, ia berhasil mencapai tujuan akhirnya untuk menjadi seorang dokter.

Ganesh yang masih berusia 23 tahun itu akhirnya bisa meraih gelar dokter dan saat ini bekerja sebagai magang di salah satu rumah sakit di Bhavnagar.

Dilansir Medbound Times, Kamis (14/3/2024), perjalanannya menjadi dokter sejak tahun 2018 tidaklah mudah.

Dalam wawancara dengan media ANI, ia mengatakan bahwa setelah lulus kelas 12 dan lulus ujian untuk mengikuti tahap menjadi dokter, Komite Dewan Medis India (MCI) menolak pendaftarannya dan menyatakan dia tidak akan mampu menangani kasus darurat karena perawakannya yang pendek.

Namun semangatnya tidak berhenti di situ. Ia pun berkomunikasi dengan kepala sekolahnya, Nilkanth Vidyapeeth Dr. Dalpath Bhai Katariya.

Ia pun diminta untuk mendekati kolektor distrik dan menteri pendidikan negara bagian. Berdasarkan saran tersebut, mereka setuju untuk membawa kasus tersebut ke Pengadilan Tinggi Gujarat. Kemudian, Ganesh pun membawa kasus tersebut ke Mahkamah Agung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjuangan ke Mahkamah Agung

Berdasarkan hasil sidang, Mahkamah Agung mengatakan ia akan diterima pada tahun 2019. Hingga akhirnya ia diterima di MBBS di Bhavnagar Government Medical College di Gujarat pada 1 Agustus 2019.

Tekad kuat Ganesh untuk menjadi seorang dokter pun terbukti, meski harus menghadapi semua tantangan tersebut. Ia bahkan mendapat nilai yang cukup baik dalam ujian menjadi dokter.

3 dari 3 halaman

Bermodal Tekad Kuat dan Ketekunan

Pria tersebut menyebut bahwa tinggi badannya tidak akan pernah membatasi cita-citanya.

"Dengan tekad dan ketekunan, ia belajar bahwa tidak ada rintangan yang tidak dapat diatasi," kata Ganesh.

Ganesh mengaku bahwa setiap kali ia bertemu dengan pasien, mereka terlihat cukup terkejut dengan tinggi badannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.