Sukses

Kakek Berusia 70 Tahun Viral di China Lantaran Punya Otot dan Tubuh Sehat

Seorang kakek-kakek berusia 70 tahun dari Chongqing, Tiongkok mendapatkan banyak perhatian di media sosial berkat fisiknya yang berotor dan penuh energi.

Liputan6.com, Chongqing -- Seorang kakek-kakek berusia 70 tahun dari Chongqing, Tiongkok mendapatkan banyak perhatian di media sosial berkat fisiknya yang berotor dan penuh energi.

Perjalanan menuju tubuh bugar Zou Heping yang luar biasa dimulai pada tahun 1979 ketika dia membaca tentang manfaat lari di sebuah majalah.

Sejak saat itu, ia telah berlari mendaki Gunung Gele, dekat Chongqing, dan juga menambahkan sejumlah latihan lain untuk menjaga tubuhnya dalam kondisi prima.

Pull-up, hand stand, dan panjat tiang adalah bagian dari program pelatihan Zou, namun ia juga merancang serangkaian latihan aneh yang memungkinkannya menjaga kesehatannya, dikutip dari laman Oddity Central, Kamis (7/3/2024).

Misalnya, ia melompat seperti katak. Lalu merangkak kembali seperti buaya, sebuah rutinitas yang menurutnya lebih mudah dilakukan pada lutut dan meningkatkan koordinasi anggota tubuh.

Zou Heping tidak hanya terlihat lebih bugar daripada kebanyakan orang setengah usianya, tetapi dia juga memiliki rambut hitam lengkap, yang menurutnya tidak pernah dia warnai.

“Hidup terletak pada berlari, dan yang paling penting adalah berolahraga, menjaga kebugaran, dan mengembangkan gaya hidup yang baik,” saran Zou kepada para remaja China yang mencari inspirasi darinya.

Untuk mempertahankan fisiknya yang patut ditiru, Zou Heping berlari setiap hari, apa pun cuacanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Lagi Merokok dan Konsumsi Alkohol

Sering kali bertelanjang dada dan tanpa mengenakan sepatu apa pun. Dia berhenti mengonsumsi alkohol dan rokok lebih dari empat dekade lalu, dengan fokus pada gaya hidup sehat yang mengutamakan tidur.

Kisah tentang dedikasinya terhadap kebugaran dan perut six-packnya telah membuatnya mendapatkan banyak pengikut di media sosial, karena banyak yang menganggapnya sebagai bukti nyata bahwa usia hanyalah angka.

“Kakek Zou luar biasa, kekuatan intinya luar biasa di usia 70 tahun, status fisiknya seperti berusia 17 tahun,” komentar seseorang.

“Usia tidak pernah menjadi batasan. Memang benar, hidup terletak pada olahraga. Hanya gaya hidup sehat yang bisa membuat kita awet muda,” tulis orang lain.

“Ke mana pun saya pergi, orang-orang menanyakan usia saya, apakah rambut saya diberi wig atau diwarnai, apa yang saya makan, bagaimana saya membentuk otot, saya lelah menjawab pertanyaan-pertanyaan ini,” kata Zou dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Berolahraga

Ia juga menambahkan bahwa dia tidak pernah mengecat rambut atau mengonsumsi suplemen apa pun untuk memperbaiki fisiknya.

Jiang Min, seorang ahli dalam manajemen kesehatan dan manajemen penyakit kronis di sebuah perusahaan manajemen kesehatan terkenal, menganalisis fisik Zou Heping dan menyatakan bahwa dia adalah bukti nyata dari efek anti-penuaan dari manfaat olahraga terus-menerus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.