Sukses

Jepang Kehilangan Mahkota Negara Perekonomian Terbesar Ketiga di Dunia Disalip Jerman, Ini Alasannya

Jepang kehilangan mahkotanya sebagai negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia setelah tergelincir ke dalam resesi. Jerman kini yang menempati posisi tersebut.

Liputan6.com, Tokyo - Jepang telah dikalahkan oleh Jerman sebagai negara yang dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia. Menurut data yang dirilis pada Kamis 15 Februari 2024, Negeri Sakura kini telah tergelincir ke dalam resesi ketika negara tersebut berjuang melawan melemahnya yen dan populasi yang menua serta menyusut.

The Guardian yang dikutip Jumat (16/2/2024) menyebut perekonomian Jepang yang kini merupakan perekonomian terbesar keempat di dunia, tumbuh sebesar 1,9% pada tahun 2023 secara nominal – artinya tidak disesuaikan dengan inflasi – namun dalam dolar, produk domestik bruto (PDB) Jepang mencapai $4,2 triliun dibandingkan dengan Jerman yang sebesar $4,5 triliun.

Pergeseran ini, yang terjadi lebih dari satu dekade setelah negara ini berada di peringkat kedua setelah China, disebabkan oleh penurunan tajam yen terhadap dolar selama dua tahun terakhir. Melemahnya yen menggerogoti keuntungan ekspor ketika pendapatan dipulangkan. Mata uang Jepang turun hampir seperlima terhadap dolar AS pada tahun 2022 dan 2023, termasuk penurunan sebesar 7% pada tahun lalu.

Jerman sejatinya juga seperti Jepang, miskin sumber daya, memiliki populasi yang menua, dan sangat bergantung pada ekspor. Negara dengan perekonomian terbesar di Eropa ini juga terguncang oleh kenaikan harga energi yang disebabkan oleh perang Rusia di Ukraina, kenaikan suku bunga di zona euro, dan kekurangan tenaga kerja terampil.

Meskipun produsen mobil Jepang dan eksportir lainnya mendapat keuntungan dari melemahnya yen – yang membuat barang-barang mereka lebih murah di pasar internasional – krisis tenaga kerja di negara ini lebih buruk dibandingkan Jerman, dan negara tersebut sedang berjuang untuk mengatasi rendahnya angka kelahiran.

Kegagalan upaya pemerintah untuk meningkatkan angka kelahiran berarti kekurangan tenaga kerja kronis diperkirakan akan semakin buruk, bahkan ketika Jepang menerima jumlah pekerja asing yang mencapai rekor tertinggi.

Menteri Revitalisasi Perekonomian Jepang, Yoshitaka Shindo, mengatakan kepada wartawan bahwa Jerman yang melampaui Jepang menunjukkan bahwa penting untuk mendorong reformasi struktural, termasuk memasukkan lebih banyak perempuan ke dalam pekerjaan penuh waktu dan menurunkan hambatan terhadap investasi asing.

"Kami akan menerapkan semua langkah kebijakan untuk mendukung kenaikan gaji guna mendorong pertumbuhan yang didorong oleh permintaan," ujar Shindo menurut kantor berita Kyodo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Data yang Menunjukkan Jepang Resesi

Adapun data hari Kamis (15/2) menunjukkan bahwa PDB riil – nilai total barang dan jasa – menyusut 0,1% dalam tiga bulan terakhir tahun 2023 dibandingkan kuartal sebelumnya, karena lemahnya pengeluaran rumah tangga dan bisnis, menurut kantor kabinet.

Konsumsi swasta, yang menyumbang lebih dari separuh aktivitas ekonomi di Jepang, turun 0,2% karena rumah tangga berjuang menghadapi kenaikan biaya hidup dan penurunan upah riil.

Pertumbuhan pada kuartal sebelumnya juga direvisi turun menjadi -0,8%, yang berarti Jepang berada dalam resesi teknis – biasanya didefinisikan sebagai kontraksi dua kuartal berturut-turut.

Selama tahun-tahun booming di tahun 1970-an dan 80-an, beberapa orang memperkirakan bahwa ekspor mobil dan barang elektronik konsumen Jepang yang murah dan berkualitas baik akan membuat Jepang menyalip Amerika Serikat sebagai negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Sebaliknya, pecahnya gelembung ekonomi Jepang yang dipicu oleh peningkatan aset pada awal tahun 1990an menyebabkan beberapa "dekade yang hilang" mengalami stagnasi dan deflasi ekonomi.

 

3 dari 4 halaman

Jepang Kehilangan Pengaruh dalam Perekonomian Global hingga Pergerakan Mata Uang yang Dramatis,

Data terbaru ini mencerminkan realitas melemahnya Jepang – yang diperkirakan akan kehilangan pengaruhnya dalam perekonomian global, kata Tetsuji Okazaki, profesor ekonomi di Universitas Tokyo.

"Beberapa tahun yang lalu, Jepang memiliki sektor otomotif yang kuat, misalnya. Namun dengan munculnya kendaraan listrik, keunggulan tersebut pun terguncang," kata Okazaki.

Pada tahun 2010, status baru yang diperoleh Tiongkok sebagai negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia memicu perdebatan di Jepang mengenai kemampuannya untuk mengimbangi negara-negara berkembang.

Meskipun penurunan posisi Jepang baru-baru ini ke posisi keempat disebabkan oleh pergerakan mata uang yang dramatis, kehilangan posisi ketiga karena ekonomi Jerman yang bermasalah akan memberikan pukulan terhadap harga diri negara tersebut dan perdana menteri yang sudah tidak populer, Fumio Kishida.

 

4 dari 4 halaman

India Diprediksi Lampau Ekonomi Jepang dan Jerman pada 2026

Dan kemunduran ekonomi sepertinya tidak akan berakhir di situ . Perekonomian India, yang didukung oleh populasi generasi muda yang besar dan terus bertambah, diproyeksikan akan melampaui Jepang pada tahun 2026 dan Jerman pada tahun berikutnya, demikian menurut Dana Moneter Internasional.

Surat kabar bisnis Nikkei mengatakan dalam editorialnya baru-baru ini bahwa Jepang telah gagal meningkatkan potensi pertumbuhannya – sebuah kesulitan yang oleh para ekonom dikaitkan dengan krisis demografinya.

“Situasi ini harus dianggap sebagai peringatan untuk mempercepat reformasi ekonomi yang terabaikan," lapor Nikkei.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini