Sukses

Seperti di Indonesia Relawan Capres-Cawapres di AS Sibuk Cari Dukungan, Mulai dari Makan Bareng hingga Bazar Kuliner

Liputan6.com, Washington - Tak hanya di Tanah Air, antusiasme jelang pemilu 2024 juga semakin terasa di Amerika Serikat (AS). Relawan capres-cawapres di sejumlah negara bagian di AS mendeklarasikan dukungan terhadap paslon pilihan mereka dan untuk merebut hati pemilih diaspora.

Dilansir VOA Indonesia, Minggu (11/2/2024), Times Square, salah satu destinasi wisata tersibuk di jantung Kota New York, Amerika Serikat, pada Kamis (1/2) menjadi titik pertemuan diaspora pendukung pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Bermodalkan atribut berupa kaos, jaket, spanduk, serta bendera Indonesia dan Amerika, puluhan relawan asal New York dan sekitarnya mengukuhkan dukungan mereka lewat acara “Gemoy at Times Square”. Gemoy, plesetan dari kata gemas, merupakan salah satu strategi tim kampanye Prabowo yang viral dan menjadi citra yang melekat pada sosok ketua umum Partai Gerindra itu.

"Dengan adanya 'Gemoy at Times Square' yang sudah kita adakan di beberapa negara bagian—New Hampshire, California, New York, dan akan diadakan di New Jersey, saya pikir satu putaran itu mutlak," ujar Ralvy Suwuh, Ketua Gerindra New York.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Turut Digagas oleh Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 3

Narasi satu putaran juga digaungkan oleh Haris Koentjoro, ketua panitia Festival Rakyat Indonesia Unggul, acara yang digagas DC for GAMA, tim relawan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Ratusan orang memadati gedung serbaguna di Kota Fairfax, Virginia, pada Minggu (4/2), untuk hadir di acara yang merupakan hasil kolaborasi dengan organisasi sayap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Banteng Muda Indonesia.

Untuk menarik minat pengunjung, DC for GAMA menggelar bazar makanan dan gerai kerajinan tangan khas nusantara, pementasan tari tradisional, serta penampilan musik.

Selain untuk menjangkau pemilih di Washington, D.C. dan sekitarnya, melalui acara tersebut Haris dan tim relawan ingin menyampaikan pesan kepada warga Indonesia di Tanah Air bahwa warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri juga ikut serta dalam pesta demokrasi.

"Tema dari festival ini adalah "Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia, Bersuaralah Demi Kebenaran". Itu yang kita dengung-dengungkan kepada teman-teman supaya mereka bersemangat memilih Pak Ganjar dan Pak Mahfud," kata Haris.

Di sela-sela acara DC for GAMA, Basuki Tjahaja Purnama, yang baru-baru ini mengundurkan diri dari jabatan komisaris utama PT Pertamina (Persero) untuk mengampanyekan Ganjar-Mahfud, hadir secara daring melalui panggilan video untuk menyapa para simpatisan.

3 dari 3 halaman

Dukungan untuk Paslon Capres-Cawapres Nomor Urut 1

Pada hari yang sama, Kamis (8/2) di Kota Houston, Texas, tim relawan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, juga berkumpul dalam acara “HOU4AMIN”.

"Seraya bersilaturahmi, para pendukung menggelar acara makan dan doa bersama, serta menyampaikan aspirasi politik mengenai capres-cawapres pilihan mereka. Walaupun tidak berada di lokasi, Anies dan Muhaimin menyapa para pendukung mereka melalui rekaman video," kata perwakilan tim relawan, Kurniawan Alfizah.

Kurniawan menyebutkan para anggota relawan, yang berasal dari berbagai daerah di sekitar Houston, adalah mereka yang peduli pada kemajuan Indonesia.

"Mereka cinta Indonesia. Mereka ingin Indonesia dapat lebih baik, maju, adil, sejahtera, dan ada kesempatan yang sama untuk setiap WNI," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini