Sukses

8 Buah Berbentuk Aneh dan Bisa Dimakan, Ada yang dari Indonesia

Beberapa pohon di dunia ada yang menghasilkan buah asing, jika ingin mencicipinya maka kita harus mencoba untuk mengelilingi dunia untuk mendapatkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin kita sudah biasa melihat buah-buahan seperti apel, pisang, anggur, dan sejenisnya. Bagaimana dengan jenis asing?

Ternyata beberapa pohon di dunia ada yang menghasilkan buah asing, jika ingin mencicipinya maka kita harus mencoba untuk mengelilingi dunia untuk mendapatkannya.

Beberapa buah yang akan ditemui dalam perjalanan botani ini akan terlihat sangat eksotis, beberapa di antaranya juga ada di Indonesia.

Berikut delapan buah paling aneh dan bisa dimakan, mengutip Oddee, Sabtu (17/2/2024):

1. Buah Durian

Ilustrasi durian. (dok. pixabay.com/Asnida Riani)

Kamu mungkin pernah mendengar tentang durian. Durian terkenal karena baunya yang sangat menyengat. 

Tidak hanya berbau, buah ini juga memiliki ukuran yang sangat besar, bisa mencapai 2 kg, dan dikelilingi dengan duri-duri yang tajam.

Sebagian besar maskapai penerbangan tidak mengizinkan Anda membawa durian ke dalam pesawat.

Sejumlah sumber menyebut buah ini berasal dari Asia Tenggara, dan banyak ditemukan di negara-negara seperti Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Filipina.

2. Buah Ugli 

Buah Ugli (stockking/freepik)

Selanjutnya ada buah Ugli.

Ugli adalah salah satu jenis jeruk dari Jamaika, dan disebut Ugli karena penampilannya.

Ketika ia sudah matang, kulitnya akan berubah warna dan terlihat seperti membusuk padahal ia sangat enak ketika dimakan. 

 

3. Buah Hala

ilustrasi buah hala. freshplaza.com

Buah hala bisa ditemukan di Asia Tenggara dan Australia. Buah-buahan besar ini cantik sekaligus aneh.

Buah berbentuk bulat ini tumbuh dengan diameter sekitar 30cm dan terdiri dari 200 bagian yang menempel di sekitarnya. 

Ujung dari buah ini berwarna hijau, namun ketika dicabut akan terlihat gradasi warna yang cerah dan bervariasi seperti warna merah, oranye, dan kuning.

Buah dan bijinya dapat dimakan, namun beberapa varietas mengandung kalsium oksalat beracun dalam jumlah tinggi dan harus dimasak terlebih dahulu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Buah Jabuticaba

Buah-buahan dan buah jenis beri biasanya digantung di dahan pohon dengan tangkainya. Namun, jabuticaba Brasil justru berbeda.

Buahnya yang berwarna ungu kehitaman tumbuh langsung dan menempel di batangnya. Ketika sedang berbuah, pohon ini akan ditutupi oleh buah. 

Untuk memakannya, kita harus mengelupas kulit luarnya yang tebal, daging dari buah ini memiliki rasa manis dan tekstur seperti selai.

5. Buddha's Hand 

Ilustrasi Buddha's hand (Noname_13/pixabay)

Ketika pertama kali melihat buah ini, yang terpintas di kepala mungkin ada yang aneh pada sejenis jeruk ini? Namun buah ini bukan lemon. 

Buah ini adalah varietas jeruk yang tumbuh di Asia. Ia akan tumbuh seperti tentakel, dan bentuk yang bergelombang. Buah Buddha's Hand ini juga disebut sebagai buah pengharum karena wanginya yang sangat harum.

 

6.  Buah Morinda atau Mengkudu

mengkudu (Sumber: Pixabay)

Sangat sedikit hal positif tentang buah mengkudu. Awalnya, tampak seperti sekumpulan jerawat yang akan pecah.

Buah ini mirip dengan durian, namun berbau busuk. Saat matang buah morinda atau mengkudu ini akan mengeluarkan bau yang sangat menyengat dan tidak sedap. 

Buah ini bisa dimakan, dan banyak ditemukan di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.

Masyarakat asli di Asia Tenggara menggunakan buah ini sebagai makanan saat kelaparan ketika tidak ada lagi yang bisa dimakan.

 

3 dari 3 halaman

7. Buah Ackee

Buah Ackee ini adalah buah yang berasal dari Jamaika, terkenal sebagai bagian dari hidangan nasional Jamaika.

Ketika masih mentah buah ini berwarna merah, saat matang buahnya akan terbelah dan memperlihatkan tiga biji berwarna hitam.

Namun, ketika memakan buah Ackee ini tetap harus berhati-hati karena beberapa bagian beracun kecuali daging berwarna putih. 

8. Miracle Fruit 

Ilustrasi Miracle Fruit (Britannica.com)

Buah terakhir adalah buah miracle fruit.

Buah ini mengandung protein yang disebut dengan miraculin. Saat dikonsumsi, miraculin akan membuat makanan yang asam menjadi manis.

Jadi, ketika memakan lemon setelah mencoba Miracle Fruit ini, kemungkinan rasa lemon tersebut akan berubah menjadi manis seperti jeruk matang. Efek dari miraculin ini bertahan kurang lebih selama 1 jam. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini