Sukses

Antony Blinken Temui Putra Mahkota Arab Saudi, Bahas Gencatan Senjata di Gaza

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menemui penguasa de facto Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, pada Senin (5/2).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menemui penguasa de facto Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, pada Senin (5/2), sebagai pembuka perjalanannya ke Timur Tengah, di kala Washington berupaya mewujudkan kesepakatan normalisasi hubungan Saudi dengan Israel.

Di Jalur Gaza, warga Palestina yang digempur serangan Israel berharap kunjungan Blinken kali ini pada akhirnya akan membawa gencatan senjata, untuk mengadang serangan baru Israel ke daerah pengungsian terakhir di Gaza.

Pertemuan Blinken dengan pemimpin Saudi itu berlangsung sekitar dua jam. Blinken tidak menjawab pertanyaan wartawan mengenai jalannya pertemuan ketika ia mengarah kembali ke hotel.

Blinken juga dijadwalkan akan mengunjungi Mesir, Qatar, Israel dan wilayah Tepi Barat yang diduduki Israel pekan ini. Ia akan mendorong kesepakatan dengan Hamas yang dimediasi Mesir dan Qatar untuk membebaskan orang-orang Israel yang disandera di Gaza.

Menteri Israel Kritik Joe Biden dan Sanjung Donald Trump soal Perang di Gaza

Bicara soal hubungan AS dan Israel, dilaporkan ada seorang menteri sayap kanan di pemerintahan Israel mengkritik Presiden Joe Biden dan dia mengatakan berkuasanya Donald Trump akan memberikan lebih banyak kebebasan untuk melawan Hamas.

Pernyataan tersebut memicu kemarahan di kalangan pejabat Israel lainnya pada Minggu (4/2/2024) dan menyoroti sensitivitas hubungan ketika Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) Antony Blinken mengunjungi kawasan itu lagi pekan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Desakan Internasional atas Gencatan Senjata

Pemerintahan Biden telah melangkahi Kongres untuk mengirimkan senjata ke Israel dan melindungi negara itu dari desakan internasional atas gencatan senjata terkait perang di Jalur Gaza. Namun, di lain sisi Gedung Putih juga mendesak Israel mengambil tindakan lebih untuk menghindari kerugian di kalangan warga sipil dan mengizinkan lebih banyak bantuan masuk ke Jalur Gaza.

Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir menuturkan dalam wawancara dengan The Wall Street Journal bahwa Biden menghalangi upaya perang Israel.

"Alih-alih memberi kami dukungan penuh, Biden malah sibuk memberikan bantuan kemanusiaan dan bahan bakar (ke Jalur Gaza), yang disalurkan ke Hamas," kata Ben-Gvir, seperti dilansir AP, Senin (5/2). "Jika Trump berkuasa, tindakan AS akan sangat berbeda."

Pernyataannya mendapat kecaman dari Benny Gantz, anggota Kabinet Perang Netanyahu. Gantz mengatakan Ben-Gvir menyebabkan kerusakan luar biasa pada hubungan AS-Israel.

Selain Gantz, pemimpin oposisi Yair Lapid juga mengkritik Ben-Gvir. Dia menyebutkan pernyataan Ben-Gvir membuktikan bahwa dia tidak memahami hubungan luar negeri.

3 dari 3 halaman

Ancaman Kelompok Sayap Kanan Israel

Kementerian Luar Negeri Palestina mengutuk komentar Ben-Gvir rasis dan menyerukan sanksi internasional terhadapnya, dengan mengatakan bahwa dia mengancam stabilitas kawasan.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, tanpa menyebut nama Ben-Gvir, diduga merujuk pada pernyataannya selama pertemuan mingguan kabinet.

"Saya tidak memerlukan bantuan apa pun dalam mengarahkan hubungan kita dengan AS dan komunitas internasional," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.