Sukses

Polisi Prancis Pastikan Serangan Pisau di Kereta Gare de Lyon Paris Bukan Terkait Terorisme

Serangan pisau pada Sabtu (3/2) pagi di stasiun kereta Gare de Lyon di Paris menyebabkan tiga orang terluka, kata polisi.

Liputan6.com, Paris - Serangan pisau pada Sabtu (3/2) pagi di stasiun kereta Gare de Lyon di Paris menyebabkan tiga orang terluka, kata polisi. Namun, aparat keamanan mengatakan hingga saat ini insiden tersebut bukan kasus terorisme.

Polisi menangkap tersangka penyerang, yang menunjukkan tanda-tanda gangguan mental, kata kepala polisi Paris Laurent Nunes kepada wartawan. “Kami menemukan obat pada dirinya yang menunjukkan dia sedang menjalani perawatan.”

Dua korban menderita luka ringan sementara korban ketiga mengalami luka yang lebih serius, tetapi tidak mengancam jiwa, kata polisi, dikutip dari laman VOA Indonesia, Minggu (4/2/2024).

Pelaku, yang memiliki izin tinggal Italia dan berada di Prancis secara legal, menyerang para pelancong dengan pisau dan palu. Media Prancis mengatakan dia berasal dari Mali. Namun Nunes tidak mengkonfirmasi laporan tersebut.

Prancis telah mengalami serangkaian serangan militan Islam selama dekade terakhir. Namun terkadang diserang oleh orang yang menderita gangguan mental.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyelidikan Resmi

Polisi telah membuka penyelidikan resmi atas serangan pisau tersebut.

Ada beberapa serangan pisau di ibu kota Prancis dalam setahun terakhir. Pada Desember 2023, seorang pria Prancis berusia 26 tahun menikam seorang turis Jerman hingga tewas di dekat Menara Eiffel.

Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin mengatakan saat itu telah terjadi kegagalan dalam perawatan kejiwaan tersangka.

3 dari 3 halaman

Salah Satu Stasiun Sibuk

Pada Januari tahun lalu, enam orang terluka dalam serangan pisau di Gare du Nord di Paris. Penyerang ditembak tiga kali oleh polisi.

Gare de Lyon adalah salah satu dari enam stasiun kereta api jalur utama di Paris. Jalur ini melayani kereta api nasional ke tenggara Prancis dan jalur internasional ke Swiss, Italia, dan Spanyol. Stasiun ini juga merupakan pusat layanan kereta pinggiran kota dan Metro Paris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.