Sukses

China Eksekusi Mati Pasangan Pembunuh Balita, Kasusnya Picu Kemarahan Nasional

China mengeksekusi pasangan atas pembunuhan balita yang mengejutkan negara tersebut dan memicukemarahan nasional.

Liputan6.com, Chongqing - China mengeksekusi pasangan karena melemparkan dua balita keluar dari jendela apartemen bertingkat tinggi, dalam sebuah kasus pembunuhan yang memicu kemarahan nasional.

Seorang pria dan pacarnya dinyatakan bersalah karena membunuh anak-anak dari pernikahan pertamanya dengan sengaja menjatuhkan mereka dari menara tempat tinggal di kota metropolitan barat daya Chongqing, sehingga mereka dapat memulai sebuah keluarga baru.

"Sang ayah, Zhang Bo, mulai berselingkuh dengan Ye Chengchen dan awalnya menyembunyikan fakta bahwa dia telah menikah dan memiliki anak. Namun Ye mengetahuinya dan Zhang kemudian menceraikan istrinya," menurut mahkamah agung China seperti dikutip dari CNN, Jumat (2/2/2024).

Ye melihat kedua anak Zhang sebagai "penghalang" bagi mereka untuk menikah dan "beban bagi kehidupan mereka di masa depan bersama,” demikian bunyi pengadilan. Dia berulang kali mendesak Zhang untuk membunuh balita tersebut dan mengancam akan putus dengannya jika dia tidak melakukannya.

Setelah bersekongkol dengan Ye, pada November 2020, Zhang melemparkan putrinya yang berusia dua tahun dan putranya yang berusia satu tahun dari apartemennya di lantai 15, ketika mereka sedang bermain di dekat jendela kamar tidur, sehingga membunuh mereka berdua, menurut pengadilan.

Zhang dan Ye dijatuhi hukuman mati pada Desember 2021.

Mahkamah Agung Rakyat China mengatakan kejahatan yang dilakukan pasangan tersebut “sangat melanggar hukum dan moral,” dan menyebut motif kriminal mereka “sangat tercela” dan berarti “sangat kejam,” kantor berita Xinhua melaporkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Netizen Serukan Hukuman Mati

Berita tentang eksekusi mereka menarik ratusan juta penayangan di situs media sosial Tiongkok, Weibo, dan menjadi topik trending teratas.

“Mereka pantas menerima hukumannya,” kata komentar teratas dengan 27.000 kali disukai.

“Sungguh sangat memuaskan!” timpal yang lain dengan 31.000 likes.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2020 menunjukkan 68% warga Tiongkok mendukung hukuman mati itu.

Namun John Zhuang Liu, seorang profesor hukum di Universitas Hong Kong yang menulis makalah tersebut, mengatakan kepada CNN pada hari Kamis bahwa pandangan online mungkin tidak secara akurat mencerminkan opini publik Tiongkok.

Studinya menunjukkan bahwa masyarakat Tiongkok yang mengekspresikan pandangan politiknya secara online cenderung menunjukkan dukungan yang lebih besar terhadap hukuman mati.

“Kami tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang pandangan masyarakat umum mengenai hukuman mati di Tiongkok, dan kami tidak memiliki saluran pengumpulan data yang ketat,” katanya.

Makalah tahun 2020 ini didasarkan pada data nasional terakhir yang dikumpulkan pada tahun 2013.

“Kami tidak tahu apakah pandangan masyarakat telah berubah sejak saat itu,” katanya.

 

3 dari 3 halaman

Tak Diketahui Sudah Berapa Jumlah Eksekusi yang Dilakukan China

Sejauh ini China tidak memberikan informasi yang transparan mengenai jumlah total eksekusi, namun negara ini diyakini sebagai "algojo terbesar di dunia” dengan ribuan orang dieksekusi dan dijatuhi hukuman mati setiap tahunnya, menurut kelompok hak asasi manusia Amnesty International.

Eksekusi pada hari Rabu 31 Januari juga menyoroti metode utama yang digunakan di Tiongkok untuk melaksanakan hukuman mati: suntikan mematikan.

"Pada dasarnya ini adalah euthanasia. Mereka melakukannya dengan mudah," demikian komentar di Weibo yang mendapat 20.000 likes.

Beberapa pihak menyoroti eksekusi narapidana Alabama, Kenneth Smith, dengan menggunakan gas nitrogen baru-baru ini, sebuah metode baru yang menurut para ahli dapat menyebabkan rasa sakit yang berlebihan atau bahkan penyiksaan. Eksekusi tersebut dipuji oleh beberapa pengguna media sosial Tiongkok sebagai hukuman yang cocok untuk kejahatan yang lebih serius.

“Mengapa menurut saya eksekusi 22 menit sangat cocok bagi mereka yang dengan jahat membunuh istri, orang tua, anak-anak, dan pembunuh berantai?” kata sebuah komentar teratas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.