Sukses

31 Januari Hari Zebra Internasional, Ayo Lindungi Hewan Bercorak Unik Ini

Tanggal 31 Januari ternyata juga diperingati sebagai International Zebra Day atau Hari Zebra Internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 31 Januari ternyata diperingati sebagai International Zebra Day atau Hari Zebra Internasional pada setiap tahunnya.

Hal ini merupakan kesempatan yang penting dalam meningkatkan kesadaran mengenai konservasi, kehidupan, dan perlindungan untuk zebra. 

Tujuan diadakannya Hari Zebra Internasional, mengutip situs The Quint, Rabu (31/1/2024) adalah untuk menginspirasi masyarakat agar ikut berpartisipasi aktif dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab kepada hewan dengan corak unik ini.

Melansir dari nationaltoday.com, Hari Zebra Internasional yang diperingati setiap tanggal 31 Januari ternyata dipelopori oleh organisasi konservasi kebun binatang yaitu the Smithsonian’s National Zoo dan the Conservation Biology Institute. 

Zebra banyak ditemukan di benua Afrika, di daerah semi gurun di Kenya dan Ethiopia, serta daerah perbukitan di Namibia, Angola, dan Afrika Selatan. Dimana habitat asli mereka terpelihara dengan baik dan tidak semua dari mereka terancam punah.

Saat ini, ada tiga jenis zebra yang bisa ditemukan di alam liar. Yaitu zebra grévy, zebra dataran, dan zebra gunung. 

Meskipun zebra grévy bisa ditemukan di wilayah Kenya utara, namun spesies ini termasuk langka dan masuk ke dalam daftar merah spesies yang terancam punah karena sudah kehilangan lebih dari 54% dari total populasinya menurut African Wildlife Foundation. Saat ini hanya tersisa sekitar 2.000 zebra grévy dewasa.

Hal ini terjadi dengan cepat dalam kurun waktu tiga dekade karena perburuan zebra tersebut untuk diambil kulitnya. 

Menurut National Geographic, terdapat sekitar 300.000 zebra yang tersisa di alam liar, dan diperkirakan terdapat 150.000 zebra di Serengeti-Mara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kehidupan Zebra

Melansir dari Targetstudy.com, setiap kelompok zebra memiliki wilayahnya masing-masing. Mayoritas zebra dianggap nomaden tanpa wilayah terentu. Terkecuali dengan zebra grévy yang akan menandai wilayahnya dengan kotoran atau air seni.

Umumnya Zebra akan berkomunikasi satu dengan yang lain melalui ekspresi wajah dan juga suara. 

Zebra akan mengeluarkan suara ringkikan dan suara dengusan. Mereka cenderung lebih aktif di siang hari dan pada malam mereka akan mencari tempat yang aman untuk beristirahat dan terhindar dari serangan predator.

Biasanya akan ada satu zebra yang selalu waspada dan melindungi kelompoknya. 

Ketika salah satu dari kawanan mereka diserang oleh predator, maka anggota yang lain akan membentuk setengah lingkaran dan menghadap ke predator tersebut. Jika salah satu dari mereka terluka, mereka akan saling melindungi dari serangan yang mungkin terjadi.

3 dari 4 halaman

Zebra Grévy

Melansir dari African Wildlife Foundation, Zebra Grévy adalah spesies zebra liar terbesar dengan ukuran kaki yang panjang. 

Ciri khas dari zebra ini adalah garis-garisnya yang unik dan dianggap sama khas dengan sidik jari yang ada di manusia.

Zebra Grévy memiliki ukuran badan yang lebih tinggi, memiliki ukuran telinga yang lebih besar, dan juga jarak garis-garis dibadannya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan zebra lainnya. 

Dengan panjang badan 125 sampai 150 sentimeter, Zebra Grévy memiliki berat badan hingga 450 kilogram, dan masa hidup 12-13 tahun. Zebra Grévy merupakan hewan herbivora dan masa kehamilan 13 bulan. 

Selain perburuan ilegal, Zebra Grévy juga menghadapi ancaman wabah penyakit, kekeringan, hilangnya habitat, dan populasi yang terfragmentasi.

Zebra Grévy adalah hewan pemakan rumput, dan mereka dapat mencerna berbagai jenis, dan bagian tanaman yang tidak dapat dicerna oleh hewan ternak lain

4 dari 4 halaman

Ucapan untuk Hari Zebra Internasional

Untuk ikut berpartisipasi dalam merayakan Hari Zebra Internasional, maka ucapan yang diberikan akan sangat berarti dan menginspirasi untuk menyelamatkan habitat dan kehidupan asli zebra di alam liar.

Berikut ini contoh ucapan yang bisa juga menjadi kata penyemangat, mengutip The Quint:

  • Di Hari Zebra Internasional, mari kita berjanji untuk melindungi dan menyelamatkan alam. Bersama-sama, kita dapat memastikan zebra bebas berkeliaran dan aman di habitat aslinya dari segala ancaman.
  • Zebra, duta seni alam, menginspirasi kita untuk menerima perbedaan dan merayakan keberagaman.
  • Semoga Hari Zebra Internasional menjadi pengingat bahwa setiap individu mempunyai kekuatan untuk mengubah dunia. Bersama-sama, mari kita menantikan dunia di mana zebra tumbuh subur, garis-garis mereka selamanya memberkati lanskap planet kita.
  • Merupakan tanggung jawab kita semua untuk berupaya melindungi zebra dan rumahnya sehingga mereka dapat hidup damai dan bahagia. Selamat Hari Zebra Internasional untuk semua.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini