Sukses

Terkuak, Nazi Rancang Pistol Matahari 'Goreng' Kota Musuh

Nazi tak akan terlupakan dalam sejarah. Kelompok Jerman yang dipimpin Adolf Hitler ini terkenal sebagai pembantai sadis puluhan ribu orang. Mereka tak sungkan-sungkan untuk melakukan segala cara untuk membinasakan musuh-musuhnya.

Kini penemuan baru terkuak. Nazi berencana membuat pistol mahabesar yang mengandalkan pantulan dari panasnya cahaya matahari. Senjata super besar tersebut dirancang Nazi untuk menggoreng alias meluluhlantakkan kota musuh, seperti warga Polandia yang menjadi musuh buyutan mereka.

Dalam sebuah artikel dalam majalah Life terbitan 1945 diungkapkan pengakuan para ahli perang Amerika Serikat tentang bagaimana rencana para ilmuwan Jerman untuk membuat pistol matahari.

Cara kerjanya senjata yang dikembangkan dari pemikiran ilmuwan Hermann Oberth pada 1923 ini seperti LUV alias kaca pembesar. Dengan mengandalkan cahaya matahari, kemudian hasilnya dapat membakar kota atau membuat lautan samudra mendidih.

"Senjata tersebut diharapkan dapat membakar kota dan membuat lautan mendidih," ungkap seorang pembaca yang juga diceritakan tentara Jerman kala itu, seperti dilansir Herald Sun, Rabu (3/4/2013).

Biaya pembuatannya pun sangat besar, yakni 3 juta Marks atau sekitar Rp 11, 6 miliar -- sebuah angka yang sangat fantastis kala itu. Juga membutuhkan jangka waktu yang lama, yaitu 15 tahun.

Pistol raksasa tersebut direncanakan akan dibangun pada orbit sejarak 22.236 mil di atas Bumi dengan diameter sekitar 10 meter.

Sang pencetus Oberth menyebut pistol matahari adalah senjata pamungkas pemusnah kota. "Senjata cermin ini seperti kaca pembesar yang digunakan murid-murid untuk percobaan membakar kertas menggunakan sinar matahari," tulis Oberth dalam artikel masterpiece-nya soal rancangan senjata tersebut.

Selain itu diungkapkan pula, rencana pembuatan pistol matahari Nazi ini mulai tercetus sejak Sekutu yang tengah menguasai Eropa. Saat itu, Nazi kebakaran jenggot hingga merancang senjata pemusnah massal tersebut.

Untuk saat ini, belum ada pihak atau negara yang mencoba mengembangkan pistol matahari. Hanya saja, pada 1999, Rusia pernah berencana menggunakan cermin raksasa untuk merefleksikan cahaya matahari selama musim dingin.

Senjata yang hampir mirip mungkin pernah digunakan jagoan detektif dalam film James Bond. Tapi pistol raksasa Nazi tentu bakal lebih jauh dashyat dari senjata James Bond. (Riz)