Sukses

Petani Uni Eropa Demo Protes Upah dan Campur Tangan Birokrat

Para petani disebut harus beradaptasi dengan segala hal mulai dari peraturan perubahan iklim dan pencemaran lingkungan hingga perjanjian perdagangan bebas dengan perusahaan pertanian global yang mereka rasa dinegosiasikan secara berlebihan.

Liputan6.com, Berlin - Lonjakan protes pertanian dari jalan-jalan Berlin, Jerman, hingga pinggiran Pyrenees mencapai markas besar Uni Eropa pada Rabu (24/1/2024), di mana para petani mengecam segala hal mulai dari campur tangan birokrasi kecil-kecilan hingga momok kebangkrutan dan hal-hal yang lebih buruk lagi.

Dengan visibilitas politik pertanian dan pangan yang menjadi inti dan asal usul Uni Eropa, sektor yang bergejolak ini dapat berubah menjadi isu yang hangat menjelang pemilu Parlemen Eropa pada 6-9 Juni, yang membuat kelompok-kelompok politik tradisional bersikap defensif terhadap partai-partai populis dan sayap kanan yang melihat adanya peluang.

"Kata-kata saya hari ini adalah: kami muak," kata Benoit Laqueue, yang melakukan perjalanan dari pertaniannya di Prancis utara dan dengan marah menunjuk ke gedung Parlemen Eropa, yang membantu menetapkan peraturan pertanian Uni Eropa seperti dilansir AP, Kamis (25/1).

"Masalahnya adalah para teknokrat."

Ini merupakan penolakan yang terdengar di seluruh negara-negara blok yang beranggotakan 27 negara tersebut, karena para petani harus beradaptasi dengan segala hal mulai dari peraturan perubahan iklim dan pencemaran lingkungan hingga perjanjian perdagangan bebas dengan perusahaan pertanian global yang mereka rasa dinegosiasikan secara berlebihan.

Selain Brussels dan Prancis, pada hari Rabu, demonstrasi juga terjadi di Polandia, di mana para petani yang tidak puas mengemudikan traktor mereka dengan lambat di kota-kota besar sebagai protes atas apa yang mereka sebut persaingan tidak adil dari negara tetangganya, Ukraina, yang telah diberikan peraturan ekspor khusus pada masa perang.

Sebagai tanda bahwa gerakan protes meluas di Prancis, penghalang jalan menyebar di banyak wilayah, terjadi sehari setelah seorang petani dan putrinya meninggal ketika sebuah mobil menabrak barikade protes di barat daya. Protes tersebut merupakan tantangan besar pertama bagi Perdana Menteri Gabriel Attal yang baru diangkat, yang mulai menjabat dua minggu lalu.

Attal bertemu dengan perwakilan serikat petani awal pekan ini. Juru bicaranya, Prisca Thevenot, mengatakan pada Rabu bahwa pemerintah akan menanggapi krisis ini dalam beberapa hari mendatang. Pengumuman tersebut diharapkan berfokus pada harga bahan bakar yang lebih rendah bagi petani dan peraturan yang lebih sederhana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Didorong oleh Keluarga Petani Kecil

Dengan pemilu Eropa yang tinggal beberapa bulan lagi, krisis ini dimanfaatkan oleh lawan-lawan politik, terutama kelompok sayap kanan, di beberapa negara Uni Eropa.

Keluarga petani kecil berada di balik banyak protes di seluruh blok tersebut. Mereka mengeluh bahwa penerapan peraturan Uni Eropa yang rewel tidak hanya memaksa mereka menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop dibandingkan menggunakan traktor, namun juga memerlukan investasi besar yang mulai menguras keuangan mereka.

Uni Eropa bersikeras bahwa pemanasan iklim dan polusi pertanian memaksa mereka melakukan tindakan drastis sekali pun menimbulkan kemarahan.

3 dari 3 halaman

Respons PM Polandia

Protes petani telah terjadi dalam beberapa minggu terakhir di Jerman, Belanda, dan Romania. Di Polandia, sebagai reaksi terhadap protes para petani, Perdana Menteri Donald Tusk mengatakan pada Rabu bahwa pembicaraan akan diadakan dengan pemerintah Ukraina untuk memastikan bahwa produksi pertanian dan pasar tidak terancam oleh masuknya produk pertanian yang tidak terkendali dari Ukraina.

Baru saja berkunjung ke Kyiv, Tusk mengatakan bahwa pihak berwenang Ukraina tidak tertarik dengan ekspor yang tidak terkendali dari produk mereka, namun ingin agar ekspor tersebut diatur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini