Sukses

Raja Charles III Jalani Operasi Prostat, Ratu Camilla: Dia Baik-baik Saja

Istana Buckingham saat ini tengah menghadapi ketakutan ganda terhadap kesehatan anggota kerajaan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Liputan6.com, London - Raja Charles III dilaporkan tengah menjalani perawatan medis, di mana ia disebut akan menjalani operasi prostat pada pekan depan. Berita ini diumumkan oleh pihak Kerajaan Inggris pada Rabu (17/1) waktu setempat.

Sang istri, Ratu Camilla pun akhirnya buka suara usai pengumam tersebut, dan mengatakan bahwa kondisi raja "baik-baik saja" sambil menunggu perawatan untuk operasi prostat.

"Ia baik-baik saja, terima kasih banyak. Menanti untuk kembali bekerja," katanya pada Kamis (19/1) saat sedang mengunjungi Galeri Seni Aberdeen, seperti dikutip The Independent, Jumat (19/1/2024).

Raja yang saat ini berusia 75 tahun dikatakan sangat ingin mengumumkan kondisinya kepada publik untuk mendorong orang lain yang mungkin mengalami gejala sama agar segera memeriksakan diri.

Istana Buckingham mengatakan, acara-acara terkait Raja Charles III akan ditunda dahulu. Waktu pemulihan disebut tidak akan lama.

Oleh karena kondisi Raja Charles III tidak parah, maka tak ada mekanisme konstitusional yang ditempuh ketika kepala negara sedang sakit.

Ketika itu terjadi, maka "kanselir negara" bisa bertugas sebagai monarki, contohnya untuk menandatangani dokumen. Akan tetapi, pihak istana berkata itu tidak diperlukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kate Middleton Juga Dirawat

Sementara itu di saat yang sama, Kate Middleton juga tengah dirawat di rumah sakit, di mana ia dibawa ke sebuah rumah sakit swasta di London pusat pada Selasa (16/1).

Istana Buckingham saat ini tengah menghadapi ketakutan ganda terhadap kesehatan anggota kerajaan yang belum pernah terjadi sebelumnya, ketika pihaknya mengumumkan berita tentang masalah medis raja hanya satu setengah jam setelah Istana Kensington mengungkapkan operasi Kate pada Rabu sore.

Detail mengenai kondisi kesehatan anggota keluarga kerajaan Inggris biasanya tidak dibuka, sehingga pengumuman soal kesehatan Raja Charles dan Putri Catherine terbilang mengejutkan.

 

3 dari 4 halaman

Pangeran William Kunjungi Sang Istri

Pada Kamis (18/1), Pangeran William terlihat meninggalkan sebuah rumah sakit swasta di London sekitar pukul 12.35 waktu setempat. 

Sumber mengatakan bahwa kondisi Kate "baik-baik saja" tetapi akan menghabiskan waktu hingga tiga bulan untuk pulih.

Sang putri dirawat pada hari Selasa untuk menjalani operasi yang berhasil, tetapi diperkirakan akan tinggal di rumah sakit selama 10 hingga 14 hari sebelum kembali ke rumahnya di Adelaide Cottage di Windsor.

Kondisi yang dialami sang putri belum diungkapkan, meskipun Istana Kensington mengonfirmasi bahwa penyakit tersebut tidak mengarah pada penyakit kanker.

4 dari 4 halaman

Berpengaruh Terhadap Tugas Pangeran William

Selama Kate berada di rumah sakit, hal ini berpengaruh terhadap kegiatan Pangeran William lantaran harus menundanya dalam menjalankan tugas kerajaan. 

Sang putri diperkirakan baru akan kembali menjalankan tugas publik setelah Paskah, itu pun bergantung pada saran dokter pada saat itu.

William pun terlihat merawat ketiga anaknya, Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis pada Rabu malam. Ketiganya berada di sekolah sepanjang hari dan belum mengunjungi ibu mereka di rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini