Sukses

11 Fakta Pernikahan Mantan PM Selandia Baru Jacinda Ardern dan Clarke Gayford, Salah Satunya 11 Tahun Berpacaran

Sabtu 13 Januari 2024, mantan perdana menteri Selandia Baru Jacinda Ardern resmi menikahi pasangan jangka panjangnya Clarke Gayford. Berikut ini 11 fakta dari pernikahan mereka:

Liputan6.com, Wellington - Sabtu 13 Januari 2024, mantan perdana menteri Selandia Baru Jacinda Ardern resmi menikahi pasangan jangka panjangnya Clarke Gayford, dalam sebuah upacara pribadi kecil di North Island (Pulau Utara).

Sejatinya pasangan itu bermaksud untuk menikah pada tahun 2022 tetapi membatalkannya karena pembatasan ketat akibat COVID-19 yang diberlakukan oleh pemerintah Ardern kala itu di negara tersebut.

Berikut ini 11 fakta dari pernikahan Jacinda Ardern dan Clarke Gayford, mengutip BBC, Associated Press dan sejumlah sumber, Rabu (17/1/2024):

  1. Ardern memberikan pidato pernikahan lima menit kepada puluhan tamu.
  2. Jacinda Ardern dan pasangannya Clarke Gayford telah bersama selama satu dekade dan memiliki seorang putri berusia lima tahun bernama Neve.
  3. Pernikahan tersebut berlangsung di Hawke's Bay di Craggy Range Winery di pantai timur North Island, sekitar 310 km (190 mil) utara ibu kota Wellington.
  4. Jacinda Ardern mengenakan gaun berwarna gading karya desainer Juliette Hogan - yang dilaporkan merupakan teman dekat mantan PM - dan kerudung panjang yang dipasangkan pada gaya rambut chignon up-do.
  5. Sepatunya berasal dari desainer Mount Maunganui, Chaos and Harmony, lapor New Zealand Herald. Dia juga membawa buket bunga berwarna putih.
  6. Sementara Gayford mengenakan setelan jas berwarna hitam buatan rumah mode Selandia Baru Zambesi, dengan bunga tersemat di saku depan. Dalam foto resmi yang dipublikasikan NZ Herald, keduanya terlihat tersenyum lebar menunjukkan kebahagiaan yang dirasakan.
  7. Putrinya, Neve, menghadiri upacara bersama ayahnya dan mengenakan gaun yang terbuat dari kain dari gaun pengantin neneknya, Laurell Ardern.
  8. Diyakini hanya keluarga, teman dekat dan beberapa mantan kolega Ardern yang berusia 43 tahun yang diundang, termasuk penerus Ardern dan mantan perdana menteri Chris Hipkins.
  9. Pernikahan tersebut diresmikan oleh teman pasangan tersebut, Grant Robertson.
  10. Business Insider menyebut pasangan ini telah berkencan sejak 2013. Dengan kata lain berpacaran hingga menikah selama 11 tahun.
  11. Pernikahan itu digelar setelah Jacinda Ardern dan Clarke Gayford bertunangan sejak 2019. Mereka sebenarnya berencana menikah pada awal 2022 tapi ditunda karena masih ada pembatasan pergerakan merespons meningkatnya kasus COVID-19 varian Omicron. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kiprah Jacinda Ardern Setelah Pensiun dari Kursi PM Selandia Baru

Laporan AP menyebut Ardern yang kini berusia 43 tahun menjabat sebagai perdana menteri Selandia Baru selama lebih dari lima tahun dan mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan publik pada Januari 2023 lalu, dengan mengatakan bahwa ia tidak mempunyai cukup amunisi lagi.

Jacinda Ardern mendapatkan pengakuan internasional atas gaya kepemimpinannya, terutama setelah terjadinya penembakan massal mematikan di dua masjid di Christchurch pada tahun 2019.

Dalam pidato terakhirnya di parlemen, Jacinda Ardern mengatakan kepada presenter TV pasangannya, Gayford yang berusia 47 tahun: "Mari kita menikah."

Sejak mengundurkan diri dia mengambil tiga beasiswa di Universitas Harvard.

Dia juga merupakan wali dari Prince William's Earthshot Prize dan utusan khusus untuk Christchurch Call - sebuah jaringan yang berupaya untuk "menghilangkan konten teroris dan ekstremis kekerasan online" yang didirikan setelah penembakan di Christchurch.​

3 dari 4 halaman

Acara yang Privat

Mengutip The Guardian, hanya ada sedikit keriuhan menjelang atau selama acara berlangsung yang mungkin akan memicu hiruk-pikuk di tempat lain. Meski begitu, warga Selandia Baru sebenarnya telah mengetahui tanggal dan tempat pernikahan Ardern dalam beberapa minggu terakhir mengingat semua orang saling mengenal.

Adapun Hawke's Bay dikenal sebagai kebun anggur yang menjadi lokasi pernikahan populer. Lokasinya berada di sisi timur Pulau Utara Selandia Baru. Cuaca pada hari pernikahan digelar begitu cerah tanpa awan dengan suhu mencapai 29 derajat celcius.

Berdasarkan foto yang beredar, sejumlah figur penting Partai Buruh hadir sebagai tamu di acara tersebut, termasuk mantan perdana menteri yang kini menjadi pemimpin oposisi, Chris Hipkins yang mengambil alih jabatan perdana menteri setelah Ardern mundur; mantan ketua parlemen Trevor Mallard, sekarang duta besar untuk Irlandia; dan mantan menteri kabinet Annette King, yang kini menjadi duta besar Selandia Baru di Canberra.

4 dari 4 halaman

Melahirkan Bayi Saat Masih Jadi PM

Jacinda Ardern pertama kali bertemu pada 2012 di sebuah malam penghargaan di Auckland yang dipandu oleh Gayford. Setahun kemudian, dia menulis surat kepada Ardern sebagai legislator oposisi lokal untuk menyatakan keprihatinannya terhadap usulan undang-undang keamanan nasional. Pasangan itu bertemu untuk minum kopi, Gayford mengajak Ardern memancing berkencan tak lama kemudian.

Pada Januari 2018, Ardern mengumumkan kehamilannya. Ia kemudian melahirkan bayi perempuan pada Kamis, 21 Juni 2018, pukul 16.45 waktu setempat. Dalam sebuah foto yang diunggah via akun Instagram resminya, Ardern mengatakan, bayi itu lahir dengan berat 3,31 kilogram.

"Terima kasih atas semua doa dan harapan baik kalian," kata Jacinda Ardern via akun Instagram, seperti dikutip dari CNN.

"Kami menjalani ini baik-baik saja, terima kasih kepada tim (medis) yang menakjubkan di Auckland City Hospital," tambahnya. Ardern menjadi pemimpin dunia kedua yang melahirkan saat masih menjabat. Yang pertama adalah Perdana Menteri Pakistan Benazir Bhutto pada 1990. Setelah melahirkan, ia memutuskan mengambil cuti enam pekan sebelum kembali bertugas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini