Sukses

Tim Penyelamat Berjibaku Selamatkan 270 Domba Terjebak Letusan Gunung Berapi di Islandia, Warga Khawatir Tak Bisa Pulang Lagi

Dengan lava cair dari erupsi gunung berapi yang menyebabkan rumah-rumah terbakar dan permukaan tanah retak, tim penyelamat berupaya mengeluarkan sekitar 270 hewan dari ladang dan kandang dalam ruangan mereka.

Liputan6.com, Grindavik - Sebuah operasi berani diluncurkan untuk menyelamatkan lebih dari 200 domba yang ditinggalkan oleh para peternak, setelah letusan gunung berapi di dekat Kota Grindavik di Islandia yang dievakuasi.

Dengan lava cair dari erupsi gunung berapi yang menyebabkan rumah-rumah terbakar dan permukaan tanah retak, tim penyelamat berupaya mengeluarkan sekitar 270 hewan dari ladang dan kandang dalam ruangan mereka.

Hewan-hewan tersebut, yang tidak diberi makan atau minum selama berhari-hari, pada awalnya tidak ditetapkan sebagai prioritas. Para penggiat kesejahteraan hewan kemudian meningkatkan kewaspadaan setelah melihat rekaman mesin-mesin mahal diambil dari daerah berbahaya, bukannya domba.

Seorang petani telah membujuk tim penyelamat untuk membantunya mengevakuasi 30 dombanya di pinggir kota pada Senin malam, namun diperkirakan 270 ekor lainnya terdampar di lokasi yang lebih berbahaya.

Grindavik, sebuah kota nelayan di barat daya pulau itu, pertama kali dievakuasi sebelum Natal setelah gunung berapi Fagradalsfjall di dekatnya meletus pada 18 Desember.

Pada minggu-minggu berikutnya, beberapa petani terlihat telah kembali membawa ternaknya.

Gunung meletus yang besar berikutnya terjadi pada hari Minggu 14 Januari, memaksa evakuasi lebih lanjut tetapi domba-domba tersebut harus ditinggalkan karena terburu-buru untuk melarikan diri.

Anna Berg Samúelsdóttir, anggota dewan Animal Welfare Association of Iceland (Dýraverndarsamband Íslands) atau Asosiasi Kesejahteraan Hewan Islandia, mengatakan pihak berwenang pada awalnya tidak menyadari bahwa ternak masih berada di wilayah berbahaya.

"Kami memperhatikan bahwa barang-barang yang sangat mahal diprioritaskan lebih tinggi daripada kehidupan hewan, seperti mesin-mesin besar. Mereka bekerja pada hari Minggu (14/1). Hewan-hewan itu berdiri di dalam kandang yang terkunci," ujar Anna Berg Samúelsdóttir.

"Mereka tidak punya air di kandangnya. Ada beberapa hewan yang diselamatkan kemarin malam oleh pemilik 30 ekor domba. Namun dia harus berjuang dengan pihak berwenang untuk melakukannya," jelas Anna Berg Samúelsdóttir.

"Beberapa hewan yang tersisa ada di ladang. Hal ini akan menjadi lebih bermasalah karena kawasan ini sangat berbahaya. Dan kemudian beberapa hewan… terkunci di dalam. Dan masalahnya adalah domba-domba itu berada di tengah kota yang berada dalam bahaya."

Anna Berg mengatakan mereka telah diberitahu pada hari Minggu (14/1) bahwa ada 247 domba dalam bahaya, namun jumlahnya kemudian diperbarui menjadi mendekati 300 ekor.

"Jadi jumlahnya agak kabur", katanya. "Berbahaya sekali karena retakan sudah terbuka dan tanah berpindah sekitar 1,4 meter pada Minggu (14/1) lalu.

"Retakannya semakin besar, semakin dalam. Dan ada banyak retakan dan permukaannya tidak terlihat. Tampaknya semuanya baik-baik saja, tetapi ternyata ada lubang besar di bawah aspal atau tanah. Dan itu terjadi kemarin. Ada penyelamatan seorang pria yang melewati aspal."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Presiden: Islandia Sedang Berjuang Melawan Kekuatan Alam yang Luar Biasa

Presiden Islandia, Guðni Th Jóhannesson, mengatakan dalam pidatonya di televisi pada Minggu malam bahwa negaranya sedang berjuang melawan “kekuatan alam yang luar biasa”. Islandia terletak di atas hotspot gunung berapi di Atlantik utara dan rata-rata mengalami satu letusan setiap empat hingga lima tahun.

"Periode pergolakan yang menakutkan telah dimulai," kata Guðni Th Jóhannesson. "Kami terus berharap mendapatkan hasil sebaik mungkin… Kami akan melanjutkan tanggung jawab kami dan terus berdiri bersama."

Letusan hari Minggu (14/1) ini merupakan yang kelima dalam waktu kurang dari tiga tahun di semenanjung Reykjanes, tempat yang belum pernah terjadi letusan selama berabad-abad.

Ahli vulkanologi Patrick Allard dari Institut de Physique du Globe de Paris di Perancis mengatakan, pembukaan kembali garis patahan yang sudah lama tidak aktif berarti lava dapat terlempar ke daerah tersebut tanpa peringatan selama bertahun-tahun yang akan datang.

"Setelah delapan abad mengalami jeda relatif dan penghentian total aktivitas permukaan, kita telah memasuki episode baru pemisahan lempeng yang dapat berlangsung beberapa tahun – mungkin beberapa dekade," kata Patrick Allard kepada AFP.

Letusan terakhir belum menyebabkan kematian, namun satu orang hilang setelah dilaporkan terjatuh ke dalam retakan. Kantor meteorologi Islandia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa daerah tersebut berisiko tinggi dan retakan baru dapat terbuka tanpa peringatan.​

3 dari 4 halaman

Penduduk Penduduk Kota Grindavík di Islandia Khawatir Tak Dapat Kembali ke Rumah

Penduduk Kota Grindavík di Islandia khawatir mereka tidak dapat kembali ke rumah mereka, setelah lahar vulkanik menghancurkan beberapa rumah dan merusak pasokan air dan listrik.

Gunung berapi Fagradalsfjall meletus untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari sebulan pada Minggu (14/1) pagi, beberapa jam setelah pihak berwenang menginstruksikan penduduk untuk meninggalkan kota nelayan di barat daya pulau itu setelah "gerombolan" gempa kecil mengindikasikan letusan akan terjadi.

David Ingi Bustion, 31, seorang arsitek yang keluarganya telah tinggal di kota tersebut selama tiga generasi, mengatakan bahwa retakan terbaru dari erupsi telah membuat 3.800 penduduk Grindavík berada dalam ketidakpastian, dan beberapa orang mempertanyakan apakah kota tersebut akan dapat dihuni lagi.

"Kami tidak tahu apa yang akan terjadi sekarang. Hal ini telah menimbulkan tanda tanya dalam kehidupan masyarakat," kata Bustion. "Beberapa rumah terbakar tetapi pipa air dan listrik rusak sehingga tidak ada pemanas dan cuaca sangat dingin."

Gunung berapi tersebut tampak kurang aktif pada hari Senin namun kantor meteorologi Islandia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa daerah tersebut berisiko tinggi dan retakan baru dapat terbuka tanpa peringatan.

 

"Sulit memperkirakan berapa lama letusan ini akan berlangsung," tambah kantor meteorologi Islandia.

Letusan tersebut – yang kelima melanda semenanjung Reykjanes sejak tahun 2021 – menempatkan penduduk Grindavík dalam ketidakpastian baru.

Letusan gunung berapi yang dahsyat terjadi di dekat kota pada tanggal 18 Desember setelah gempa bumi berminggu-minggu, namun penduduk Grindavík telah dievakuasi sebagai tindakan pencegahan. Lebih dari 100 orang telah kembali dalam beberapa pekan terakhir, namun dievakuasi lagi pada akhir pekan.

"Sebagian besar keluarga kami telah pindah kembali ke Grindavík dan berada di sana ketika kejadian itu terjadi. Pada Minggu (14/1) pagi pukul 3 pagi mereka dibangunkan oleh sirene dan harus melarikan diri. Reaksi orang-orang berbeda-beda, tapi salah satu sepupu saya sangat terkejut. Kebanyakan orang tidak tahu apakah hal ini akan berdampak pada kota dan hanya harus mengambil barang-barang mereka lalu pergi," kata Bustion.

"Dari informasi yang kami peroleh, sepertinya tidak akan ada lagi kerusakan langsung di dalam kota, namun masalahnya adalah tidak ada air atau pemanas."

4 dari 4 halaman

Ahli Sebut Magma Mengalir di Bawah Perumahan

Bagi penduduk Grindavík, yang terletak sekitar 25 mil (40 km) barat daya ibu kota Islandia, Reykjavík, letusan terbaru ini merupakan sebuah kemunduran, kata David Ingi Bustion, seorang arsitek yang keluarganya telah tinggal di kota tersebut selama tiga generasi,

"Kami semua akan mundur dan ada banyak upaya untuk mencapai tujuan itu. Saya seorang arsitek dan perusahaan saya akan membuat proyek pusat kota baru secara cuma-cuma, namun saat ini sulit untuk mengetahui apakah kota tersebut dapat dihuni lagi. Masih terlalu dini untuk mengatakannya," tutur Bustion.

Bustion menambahkan: "Orang-orang yang tinggal di Islandia cukup beruntung secara ekonomi dan kehidupan cukup stabil, tetapi kejadian ini menjadi tanda tanya besar dalam hidup kita. Banyak orang memiliki hipotek atas properti yang pada dasarnya tidak berharga sekarang.”

Letusan tersebut belum menyebabkan kematian, namun seorang pria hilang setelah dilaporkan terjatuh ke dalam retakan.

Magnús Tumi Guðmundsson, ahli geofisika di Universitas Islandia, mengatakan pada hari Senin (15/1) bahwa aktivitas vulkanik telah menurun drastis dalam semalam tetapi tidak mungkin untuk mengatakan kapan aktivitas tersebut akan berakhir.

Islandia terletak di atas hotspot gunung berapi di Atlantik utara dan rata-rata mengalami satu letusan setiap empat hingga lima tahun. Yang paling mengganggu dalam beberapa waktu terakhir adalah letusan gunung berapi Eyjafjallajokull pada tahun 2010, yang memuntahkan awan abu ke atmosfer dan mengganggu perjalanan udara selama berbulan-bulan.

Rekaman video langsung pada hari Senin (15/1) menunjukkan lava oranye masih mengalir ke permukaan tetapi tampaknya dalam volume yang lebih kecil dan lebih jauh dari Grindavík.

Ahli geologi pada hari Minggu (14/1) mengatakan koridor magma diyakini mengalir di bawah kota yang ditinggalkan, namun hal ini tetap menimbulkan risiko.

“Sayangnya [lava] bergerak sedikit lebih ke selatan dari yang kami perkirakan,” kata kepala perlindungan sipil dan manajemen darurat Islandia, Víðir Reynisson, pada konferensi pers pada Minggu (14/1) malam. Dia mengatakan penghalang pertahanan yang dibangun di utara kota telah membantu mengalihkan aliran lava ke barat, menjauh dari Grindavík.

"Ini serius, pada dasarnya ini sangat buruk. Meski mungkin menjadi lebih buruk, siapa tahu," kata salah satu warga yang dievakuasi, Jon Gauti Dagbjartsson, kepada Reuters pada Minggu malam. "Saya tinggal di rumah tempat saya dilahirkan dan merupakan pemikiran yang sulit untuk berpikir bahwa kota ini mungkin akan berakhir, dan saya harus memulai semuanya dari awal lagi. Namun jika itu masalahnya, maka itulah yang akan kami lakukan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini