Sukses

Misi Observasi Matahari Perdana Milik India Sukses, Aditya-L1 Berhasil Capai Target Posisi

Misi perdana India untuk melakukan observasi ke Matahari ini membuat India bergabung dengan kelompok negara terpilih, seperti AS dan Jepang, yang telah mempelajari Matahari.

Liputan6.com, New Delhi - India pada Sabtu (6/1/2024) sukses menyelesaikan misi observasi pertamanya ke Matahari.

Aditya-L1 telah berhasil mencapai target posisinya untuk dapat terus mengamati Matahari. Pesawat luar angkasa tersebut telah melakukan perjalanan menuju Matahari selama empat bulan sejak lepas landas pada 2 September 2023.

Indian Space Research Organisation (ISRO) atau Organisasi Penelitian Luar Angkasa India meluncurkannya hanya beberapa hari setelah India membuat sejarah dengan menjadi negara pertama yang mendarat di dekat kutub selatan Bulan.

Dilansir BBC, Minggu (7/1/2023), Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan merupakan "sebuah tonggak sejarah" dan "prestasi yang luar biasa".

Melalui akun resmi X miliknya, Modi mengatakan: "Ini adalah bukti dedikasi tanpa henti dari para ilmuwan kami dalam mewujudkan misi luar angkasa yang paling rumit."

Misi luar angkasa pertama India yang mempelajari objek terbesar di tata surya ini diberi nama yang terinspirasi dari Surya, dewa Matahari dalam agama Hindu, yang juga dikenal sebagai Aditya. Sementara L1 adalah singkatan dari Lagrange point 1 - tempat persis antara Matahari dan Bumi yang kini telah dicapai pesawat ruang angkasa tersebut.

Menurut Badan Antariksa Eropa, titik Lagrange adalah titik di mana gaya gravitasi dua benda besar – seperti Matahari dan Bumi – saling meniadakan, sehingga memungkinkan pesawat ruang angkasa untuk "melayang".

L1 terletak 1,5 juta km (932.000 mil) dari Bumi, yaitu 1 persen jarak Bumi-Matahari.

Manuver terakhir dilakukan pada hari Sabtu sekitar pukul 16:00 waktu India (10:30 GMT) untuk menempatkan Aditya di orbit L1, Times of India melaporkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berhasil Mencapai Tempat Parkirnya

Kepala badan Isro S Somanath sebelumnya mengatakan kepada BBC bahwa badan tersebut akan menjebak pesawat itu di orbit dan perlu melakukan lebih banyak manuver untuk mempertahankannya di tempatnya.

Setelah Aditya-L1 mencapai "tempat parkir" ini, ia akan mampu mengorbit Matahari dengan kecepatan yang sama dengan Bumi. Dari sudut pandang ini, ia akan dapat mengamati Matahari secara terus-menerus, bahkan selama gerhana dan okultasi, serta melakukan penelitian ilmiah.

Pengorbit tersebut membawa tujuh instrumen ilmiah yang akan mengamati dan mempelajari korona matahari (lapisan terluar); fotosfer (permukaan Matahari atau bagian yang kita lihat dari Bumi) dan kromosfer (lapisan plasma tipis yang terletak di antara fotosfer dan mahkota).

Setelah lepas landas pada tanggal 2 September, pesawat ruang angkasa tersebut mengelilingi Bumi sebanyak empat kali sebelum lepas dari pengaruh Bumi pada tanggal 30 September. Pada awal Oktober, Isro mengatakan mereka telah melakukan sedikit koreksi pada lintasannya untuk memastikan lintasannya berada pada jalur yang diinginkan menuju tujuan akhir.

3 dari 4 halaman

Berhasil Mengumpulkan Data dan Gambar

Badan tersebut mengatakan beberapa instrumen di kapal sudah mulai berfungsi, seperti untuk mengumpulkan data dan mengambil gambar.

Hanya beberapa hari setelah lepas landas, Isro membagikan gambar pertama yang dikirim oleh misi tersebut - satu menunjukkan Bumi dan Bulan dalam satu bingkai dan yang kedua adalah "selfie" yang menunjukkan dua instrumen ilmiahnya.

Kemudian pada bulan lalu, badan tersebut merilis gambar cakram penuh pertama Matahari dengan panjang gelombang berkisar antara 200 hingga 400 nanometer, dan mengatakan bahwa gambar tersebut memberikan "wawasan tentang detail rumit fotosfer dan kromosfer Matahari".

Para ilmuwan mengatakan misi ini akan membantu mereka memahami aktivitas matahari, seperti angin matahari dan jilatan api matahari, serta pengaruhnya terhadap bumi dan cuaca di dekat ruang angkasa secara real-time.

Radiasi, panas dan aliran partikel serta medan magnet Matahari secara konstan mempengaruhi cuaca bumi. Hal ini juga berdampak pada cuaca luar angkasa di mana hampir 7.800 satelit, termasuk lebih dari 50 satelit dari India, ditempatkan.

4 dari 4 halaman

Manfaat bagi Dunia Sains

Para ilmuwan mengatakan Aditya dapat membantu lebih memahami, dan bahkan memberikan peringatan dini, tentang angin matahari atau letusan beberapa hari ke depan, yang akan membantu India dan negara-negara lain memindahkan satelitnya dari bahaya.

Isro belum memberikan rincian biaya misi tersebut, namun laporan di media India menyebutkan biayanya sebesar 3,78 miliar rupee atau sekitar Rp713 miliar. 

Keberhasilan misi ini membuat India bergabung dengan kelompok negara terpilih yang telah mempelajari Matahari.

Badan antariksa AS, NASA, telah mengamati Matahari sejak tahun 1960an; Jepang meluncurkan misi surya pertamanya pada tahun 1981 dan Badan Antariksa Eropa (ESA) telah mengamati Matahari sejak tahun 1990an.

Pada bulan Februari 2020, NASA dan ESA bersama-sama meluncurkan Solar Orbiter yang mempelajari Matahari dari jarak dekat dan mengumpulkan data yang, menurut para ilmuwan, akan membantu memahami apa yang mendorong perilaku dinamisnya.

Dan pada tahun 2021, pesawat luar angkasa terbaru NASA, Parker Solar Probe, membuat sejarah dengan menjadi yang pertama terbang melintasi corona, atmosfer terluar Matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini