Sukses

Kisah Penyelam di AS Bersahabat dengan Hiu Selama 23 Tahun, Berawal dari Bebaskan Kail di Mulutnya

Setelah bersahabat dengan hiu selama 23 tahun, penyelam bernama Jim Abernethy itu kemudian memiliki misi untuk mengubah persepsi masyarakat tentang hiu.

Liputan6.com, Washington - Seorang penyelam asal Florida, Amerika Serikat (AS), mengklaim bahwa ia telah bersahabat dengan seekor hiu bernama Emma selama hampir 23 tahun. Ia bahkan menggambarkannya seperti anjing peliharaan yang lucu, bukan layaknya predator lautan.

Penyelam bernama Jim Abernethy dan hiu tersebut, Emma, pertama kali bertemu pada tahun 2001 ketika Jim membantu melepaskan kail dari mulutnya. Sejak itu, keduanya seperti tidak dapat dipisahkan.

Dilansir dari laman Oddity Central, Minggu (31/12/2023), setiap kali Jim mulai masuk ke perairan di Pantai Tiger, Bahama, Emma datang dan mendekatkan kepalanya sebagai tanda kasih sayang. Ini tentu bukan merupakan perilaku yang wajar dari seekor hiu macan berukuran besar sepanjang 15 kaki atau sekitar 4,5 meter yang sebenarnya sangat mudah mencabik-cabik manusia.

Hal itu pula yang membuat Jim memiliki misi untuk mengubah persepsi masyarakat tentang seekor ikan hiu.

"Apa yang membuat Emma begitu istimewa adalah dia sangat besar, dan membuat Anda berpikir bahwa itu merupakan hal terakhir yang Anda lakukan," kata Jim.

"Tetapi jika Anda berada di air untuk sementara waktu, Anda menyadari bahwa ia sangat penyayang dan penuh perhatian," sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengenali Sang Penyelam dengan Mudah

Sejak keduanya saling bersahabat, Emma dapat mengenali Jim bahkan jika ia menggunakan perlengkapan menyelam yang berbeda. Bahkan seiring waktu, Emma juga mempelajari isyarat tangan Jim, yang dianggap sebagai undangan untuk mengusap kepalanya.

"Salah satu hal terbaik yang terjadi pada saya adalah menemukan kasih sayang hiu," ungkap Jim.

Selain kisah antara Jim dan Emma, cerita persahabatan antara seorang penyelam asal Jepang dengan ikan bernama Yoriko juga sempat menjadi sorotan.

3 dari 3 halaman

Hiu yang Ramah di Dalam Negeri

Sementara di dalam negeri, seekor ikan hiu yang ramah juga dapat ditemui, tepatnya di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolano. Di sana kita bisa menjumpai hiu paus ramah yang menetap di laut Gorontalo.

Ikan raksasa dengan nama latin Rhincodon typus itu setiap hari menyapa wisatawan yang datang. Pelancong bahkan bisa melihat secara dekat sambil memberi makan ikan tersebut.

Tidak ada yang perlu ditakutkan dengan ikan ini, selain ramah, ikan ini sudah cukup lama bersahabat dengan warga lokal. Hiu paus ini sudah menetap sejak dulu Teluk Tomini.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini