Sukses

Restoran di Jepang Buat Sushi Terkecil di Dunia, Terbuat dari Satu Butir Nasi

Pembuatan sushi terkecil di dunia ini justru membutuhkan waktu dan konsentrasi yang lebih dari sushi ukuran bisa.

Liputan6.com, Tokyo - Sebuah restoran di Tokyo, Jepang, tak hanya dikenal karena menjual sushi yang lezat namun juga terkenal karena gimmick yang dibuatnya. Kali ini, restoran tersebut membuat sushi terkecil di dunia dan terbuat hanya dengan sebutir nasi.

Restoran bernama Sushiya no Nohachi yang terletak di wilayah Asakusa meluncurkan sushi terkecil yang terdiri dari sebutir nasi dan potongan topping kecil dengan nori sangat tipis.

Koki yang membuat sushi tersebut, Hironori Ikeno, mengemukakan idenya pada tahun 2002 ketika seorang klien bertanya kepadanya, seberapa kecil dia bisa membuat sushi.

"Sekecil sebutir beras," ujar Ikeno, seperti dikutip dari laman Oddity Central, Rabu (27/12/2023). 

Meskipun ukurannya tak biasa, pembuatan sushi terkecil di dunia ini justru membutuhkan waktu yang lebih lama karena diperlukan ketelitian dan konsentrasi yang lebih. Itulah alasan mengapa menu ini disajikan hanya beberapa kali seminggu, meski terkadang ada pengecualian bagi pengunjung asing yang datang ke restoran tersebut.

"Saya mendapat klien dari Swedia yang datang hanya untuk melihat sushi kecil saya dan saat dia melihatnya, dia benar-benar menangis kegirangan," tambah Ikeno.

Menariknya lagi, tidak sembarang orang bisa memesan menu ini begitu saja. Menu ini justru diberikan secara gratis bagi pelanggan yang memesan menu ukuran biasa seharga USD50 atau sekitar Rp770 ribu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penampakan Kamera Terkecil di Dunia, Hanya Sebesar Butiran Garam

Selain sushi terkecil di dunia, perusahaan teknologi global Omnivision telah berhasil mencetak sejarah dengan memperkenalkan OVM6948 CameraCubeChip, kamera terkecil di dunia yang ukurannya hanya sebutir garam.

Kamera super mungil ini berukuran 0,65 mm x 0,65 mm dan tinggi sekitar 1,158 mm. Inovasi ini membawa pencitraan digital ke tingkat baru.

Dilahirkan dari laboratorium Omnivision, CameraCubeChip didasarkan pada sensor kecil OVM6948. Menariknya kamera ini telah diakui Guinness World Records sebagai sensor gambar terkecil di dunia.

Selengkapnya di sini...

3 dari 3 halaman

Anjing Terkecil di Dunia yang Bisa Dimasukkan ke Saku

Lebih jauh, ada juga anjing yang dikenal sebagai anjing terkecil di dunia. 

Pearl merupakan jenis anjing Chihuahua berusia dua tahun yang mempunyai ukuran kira-kira sama panjangnya dengan uang kertas. Berkat ukran tubuhnya itu, anjing tersebut dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai world’s shortest dog atau anjing terpendek di dunia. 

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.