Sukses

Pekan Natal Bertema Malam Budaya Gembira Indonesia Digelar di Osaka

Perayaan Natal bertema ‘Malam Budaya Gembira Indonesia’ pada Sabtu, 23 Desember 2023 di OBIC Midosuji Building, Osaka.

Liputan6.com, Osaka - Hari raya Natal dengan tema Indonesia digelar di Osaka, Jepang. Acara Natal ini bertema Malam Budaya Gembira Indonesia 2023.

Wakil Duta Besar RI di Tokyo John Tjahjanto Boestami membuka perayaan Natal ini pada Sabtu, 23 Desember 2023 di OBIC Midosuji Building. Hadir 250 peserta umat Kristiani serta perwakilan dari berbagai agama dan kelompok masyarakat lainnya yang berdomisili di wilayah Kansai, Jepang.

Kegiatan kolaborasi Konsulat Jenderal RI (KJRI) Osaka dengan Keluarga Kristiani Indonesia Kansai ini menampilkan seni dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia di antaranya Tari Bali dan Tari Bajidor Kahot dari PPI Kyoto, peragaan busana nusantara dari Grup Peggy Naghashima, dan Tari Jawa dari Sanggar Lintang Sisik. Pentas seni budaya ini diselenggarakan setelah Ibadah Natal khidmat yang dipimpin oleh Romo Jerome Padmo.

Dalam sambutan pembuka, Wakil Duta Besar RI yang juga Konsul Jenderal RI untuk Osaka (designate) menyampaikan bahwa perayaan Natal 2023 ini terselenggara atas kolaborasi erat seluruh elemen masyarakat.

“Perayaan Natal kali ini sungguh mencerminkan semangat Bhineka Tunggal Ika, mulai dari persiapan hingga pelaksanaannya, saya bisa merasakan gotong-royong erat seluruh elemen masyarakat. Ibadah Natal yang dirangkaikan dengan kemeriahan tampilan seni dan budaya Indonesia juga semakin membuat kita dekat dengan nusantara meski jauh dari tanah air. Format kegiatan kolaboratif seperti ini bisa menjadi rujukan di masa mendatang,” demikian disampaikan John T. Boestami.

“Saya berpesan agar momentum Natal ini menjadi kesempatan untuk kita semua memperkuat kerukunan di antara warga Indonesia di Jepang. Utamanya menjelang Pemilihan Umum 2024. Perbedaan pilihan adalah hal wajar dalam kehidupan berdemokrasi, tetap saling menghormati dan jadikan beda pilihan sebagai penguat dan perekat kerukunan kita semua,” tambah John Boestami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemberian Penghargaan

Ketua Panitia Natal Romo Jerome Padmo menyampaikan bahwa perayaan Natal kali ini istimewa.

“Ini adalah malam kegembiraan bagi kita semua, terima kasih atas kehadiran seluruh pihak. Malam ini istimewa karena usai Ibadah, dilanjutkan dengan penampilan seni budaya Indonesia, ini kekhasan kita”, Ujarnya.

Di sela-sela perayaan Natal, Wakil Duta Besar menyampaikan penghargaan kepada 2 (dua) perusahaan Jepang yang meraih Prima Duta Award. Kategori Importir Promotor Produk Indonesia kepada Takaoka & Co.,Ltd. Mr. Tsuneari TAKAOKA (President and CEO), serta Kategori Importir Produk Halal dan Fesyen Muslim kepada Kobe Bussan Co.,Ltd. Mr. Ryosuke Shibata (Overseas Market Development Department).

Primaduta Award adalah bentuk penghargaan yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada mitra buyer yang loyal mengimpor produk Indonesia secara berkala dan berkelanjutan. Turut hadir dalam penganugerahan tersebut, Merry Maryati, Plt Sekretaris Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, serta Pejabat Indonesian Trade Promotion Center Osaka Dicky Farabi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.