Sukses

Debat Capres 2024 Disorot Dunia, Sejumlah Media Asing Ulas Aksi Prabowo hingga Anies di Panggung Debat

Gelaran Debat Capres - Cawapres 2024 yang perdana digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (12/12/2023) pukul 19.00 WIB malam mencuri perhatian dunia. Sejumlah media asing memberitakan momen tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Debat Capres - Cawapres 2024 yang perdana digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (12/12/2023) pukul 19.00 WIB malam mencuri perhatian dunia. Sejumlah media asing memberitakan momen tersebut.

Situs dari Negeri Kanguru, ABC Australia memberitakan aksi di panggung debat yang dihadiri tiga paslon capres - cawapres terdaftar, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD, melalui tulisan berjudul "Indonesian presidential candidates clash on security and corruption in first of five debates ahead of the election".

"Ketiga kandidat yang bersaing untuk menjadi presiden Indonesia berikutnya bentrok dalam debat pertama mereka mengenai isu-isu termasuk korupsi, hak asasi manusia, dan pemberontak separatis di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia," tulis situs Australia tersebut yang dikutip Rabu (13/12/2023).

Media negeri tetangga Singapura, The Straits Times mengambil sudut pemberitaan dari Debat Capres 2024 soal emosi para peserta debat tersebut melalui artikel bertajuk "Emotions run high at Indonesia’s first presidential debate".

"Seiring perdebatan berlangsung, mereka tidak membuang waktu untuk saling menyerang dengan pendapat. Wajah mereka memerah dan suara mereka bergetar, ketika para pendukung mereka yang memenuhi aula menyemangati," papar situs dari Singapura itu.

The Straits Times juga menyebut Prabowo Subianto, menerima serangkaian pukulan dari lawan-lawannya mengenai isu-isu politik, mulai dari keputusan Mahkamah Konstitusi yang kontroversial tentang usia minimum kandidat presiden dan wakil presiden yang mengalami kemunduran demokrasi di negara ini. Lalu menyorot Anies yang disebut mengkritik terkikisnya demokrasi dan kebebasan berpendapat di Indonesia, serta mengejek Gibran dari generasi milenial yang bisa jadi calon wakil presiden.

Media Singapura lainnya, Channel News Asia (CNA), melalui artikel "Indonesian presidential candidates spar in first live debate, promise to enforce law and eradicate corruption", mengangkat tentang para calon presiden dan pasangannya – Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD – mencoba memikat pemilih dengan menjanjikan apa yang akan mereka lakukan jika mereka menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya di rangkaian debat pertama dari lima debat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sorotan Media Inggris dan Amerika di Debat Capres

Adapun media Inggris Reuters melalui artikel "Indonesian presidential hopefuls face off in heated debate on law, human rights", menyorot Prabowo, mantan komandan pasukan khusus dan mantan menantu Suharto, telah mendapatkan keunggulan, dengan beberapa survei baru-baru ini menunjukkan bahwa ia unggul 20 poin dari kedua lawannya.​

Artikel "Indonesia presidential candidates talk corruption, Papua in first debate" dari media Prancis France24 menyorot seruan para aktivis yang telah menyerukan para kandidat untuk memberantas korupsi, dan setengah lusin menteri di kabinet Jokowi terkait dengan dugaan korupsi sejak ia menjabat pada tahun 2014.

Salah satu media Amerika Serikat, Barron's memuat artikel tentang debat capres pada 12 Desember malam itu dengan judul serupa France24.

Sementara media Amerika lainnya, US News, mengulasnya melalui tulisan bertajuk "Indonesian Presidential Hopefuls Face off in Heated Debate on Law, Human Rights"-- sama dengan artikel media Inggris Reuters.

"Dalam debat pertama dari lima debat yang disiarkan televisi menjelang pemilu bulan Februari mendatang, para kandidat menghadapi pertanyaan mengenai hukum, pemerintahan, hak asasi manusia dan meningkatnya korupsi di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia," tulis US News.

3 dari 4 halaman

Sorotan Pemberantasan Korupsi dari Media Malaysia

Negeri Jiran Malaysia melalui media Free Malaysia Today, memberitakan momen debat capres tersebut melalui artikel "Indonesia’s presidential hopefuls to face off in first election debate".

Free Malaysia Today menyorot isu korupsi yang jadi salah satu topik, dan menyebut enam menteri kabinet pernah terlibat kasus korupsi pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, di mana indeks korupsi Transparency International pada tahun 2022 menunjukkan bahwa posisi Indonesia turun empat poin menjadi 34.

Debat pada malam 12 Desember 2023 itu dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan lagu jingle Pemilu 2024 yang dipopulerkan oleh band Cokelat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sendiri menggandeng band Cokelat untuk merilis jingle Pemilu 2024 yang diberi judul Memilih untuk Indonesia.

4 dari 4 halaman

Maskot Pemilu 2024

Merangkum dari berbagai sumber, lagu Memilih Untuk Indonesia sudah dirilis oleh band Cokelat sejak Jumat, 2 Desember 2022.

Dan dihari yang sama KPU juga meluncurkan maskot baru untuk Pemilu 2024 yang diberi nama Sura Sulu. 

Adapun Sura dan Sulu ini digambarkan sebagai jenis burung asal Bali, yaitu Jarak Bali yang berjenis kelamin jantan untuk Sura dan betina untuk Sulu. Sura sendiri juga dilambangkan sebagai perwakilan dari peserta pemilih dari laki-laki dan Sulu mewakili peserta pemilih perempuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini