Sukses

Raja Malaysia Minum Cendol Warung Pinggir Jalan Bareng Pangeran Monako, Netizen: Bukan Kaleng-Kaleng

Raja Malaysia terlihat menikmati cendol pinggir jalan Pahang bersama Pangeran Albert dari Monaco dan mencuri perhatian netizen.

Liputan6.com, Pahang - Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah jadi sorotan karena terlihat menikmati segelas cendol yang menyegarkan bersama Pangeran Albert II dari Monako, di sebuah warung pinggir jalan di Pahang pada Selasa 28 November 2023.

Menurut pejabat pemerintah Malaysia, mengutip The New Straits Times, Kamis (30/11/2023), Pangeran Monako dijadwalkan melakukan kunjungan empat hari ke Malaysia. Kedatangannya beserta rombongan disambut oleh Permaisuri Agong Tunku Azizah Aminah Maimunah Iskandariah.

Setibanya di Istana Negara, Raja Malaysia segera menemani Pangeran Albert II menjelajahi berbagai landmark di negara bagian asalnya, Pahang. Namun, momen tertentu dari kunjungan mereka telah menarik perhatian besar di seluruh platform online Malaysia, salah satunya Instagram.

Akun Instagram @istana_negara tertanggal 29 November mengunggah rekaman video saat Raja Malaysia dan Pangeran Monako menikmati seporsi cendol di Cendol Lily, warung pinggir jalan di Lanchang, Pahang. Disertai penjelasan bahwa perhentian mereka dalam rangka kunjungan ke Pusat Konservasi Harimau Nasional dan Pusat Konservasi Gajah Nasional di Kuala Gandah.

Sebelum Raja Malaysia dan Pengeran Monako berangkat ke tujuan, terlihat dalam rekaman video tersebut kedua anggota kerajaan tersebut berfoto bersama para pegawai warung cendol dan mengucapkan terima kasih.

Masyarakat bersorak saat Raja Malaysia memperkenalkan Pangeran Albert II dari Monako ke kedai tersebut, yang menampilkan budaya makanan lokal.

Aksi itu juga menuai respons positif dari netizen Malaysia.

Pengguna Instagram, @rosyabakar berkata: "Pengalaman yang sangat bagus untuk Pangeran Monaco."

Pengguna @zaminah123 berkata: "Yang terbaik! Yang Mulia mengundang Pangeran Albert untuk makan cendol."

Pengguna lain, @atqhbhbl berkata: "Bagus! Yang Mulia membawanya untuk mengenal budaya kami."

"Allah! Yang Mulia paling enak... makan ala rakyat bareng tamu kerajaan," komentar @jackezam.​

Sementara itu, akun @wanny_azizan95 mengatakan dalam bahasa Melayu "Bukan kaleng dua tokoh kerajaan beda negara yang datang ke warung makan rakyat ini.

"Proud Malaysian (Bangga orang Malaysia)," timpal akun @sns_philip.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Presiden Obama Jajan Murah Meriah di Warung Bakmi Vietnam

Kunjungan lain pemimpin dunia yang jadi sorotan karena berada di ruang publik adalah saat Barack Obama ke Vietnam.

Di sela-sela kegiatannya, Obama juga menyempatkan diri, meluangkan waktu bersama Anthony Bourdain -- pembawa acara Parts Unknown di CNN -- untuk jajan pho, bakmi khas Vietnam, di sebuah warung sederhana. 

Dikutip dari Vox pada Selasa (24/5/2016), jajanan itu cukup murah meriah. Meski dalam gambar Twitter unggahan @Bourdain terlihat hidangan yang cukup lengkap, termasuk bir setempat, biaya yang dikeluarkan hanya sekitar US$ 6 atau Rp 82 ribu untuk dua orang.

Kali itu, Bourdain yang mentraktir Sang Presiden. "Biaya total untuk makan malam Bun Cha dengan Presiden US$ 6. Aku yang membayar," kata Anthony Bourdain dalam Twitternya.

Sebuah meja yang pernah digunakan mantan Presiden AS Barack Obama saat makan dengan koki Anthony Bourdain dalam sebuah perjalanan resmi ke Vietnam itu kemudian dipamerkan ke publik.

Meja lengkap dengan perlengkapan makan malam dan botol bir kosong itu tersimpan dalam kotak kaca, di dalam warung bakmi Bun Cha Houng Lien.

Pemilik restoran di Hanoi itu mengatakan bahwa gagasan untuk mengabadikan barang-barang yang dipakai kedua sosok itu berasal dari pelanggan mereka. Termasuk bangku plastik tempat Obama dan Bourdain duduk dan menyantap hidangan seharga US$ 6 atau sekitar Rp 82 ribu dengan kurs saat ini.

Sang pemilik restoran menyebutkan bahwa para pelanggannya ingin melihat di mana Obama duduk dan apa yang telah dimakannya.

"Pelanggan menyukainya, banyak yang berfoto di samping meja," ujar salah satu pemilik  restoran Bun Cha Huong Lien, Nguyen Thi Hang Nga kepada BBC seperti dikutip Rabu (14/3/2018).

"Bagi kami, ini adalah kenangan indah yang akan kami kenang selamanya. Ini bukan tipuan, saya rasa kami tidak punya lebih banyak klien."

"Pajangan itu dipasang tepat sebelum Tahun Baru Imlek (pertengahan Februari) dan saya tidak melihat ada perubahan pada arus pengunjung."

"Tentu saja, mangkuk dan piring yang dipajang telah dicuci, begitu juga botol bir kosongnya!"

3 dari 4 halaman

PM Kanada Justin Trudeau Nongkrong Bareng PM Inggris Rishi Sunak di Bali, Pesan Beer dan Mango Spritz

Dari penyelenggaraan G20 di Bali. Dua perdana menteri muda dari Kanada dan Inggris kedapatan jadi sorotan karena hangouts atau nongkrong bersama di ruang publik.

Uniknya, Justin Trudeau memesan beer sedangkan Rishi Sunak memesan mango spritz.

Keakraban keduanya tertangkap kamera lewat unggahan dari jurnalis Inggris Kitty Donaldson dengan akun Twitter-nya bernama @kitty_donaldson.

Dalam unggahannya, ia mengatakan bahwa ia menyaksikan PM Kanada dan PM Inggris memesan minuman di sebuah restoran di Bali.

4 dari 4 halaman

Presiden Prancis Emmanuel Macron Jalan Kaki di Bali Bikin Histeris, Gendong Bayi Warga hingga Jadi Target Selfie

Sementara itu, ulah pemimpin dunia yang juga jadi sorotan datang dari Presiden Emmanuel Macron. Usai menghadiri gala dinner di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali.

Presiden Emmanuel Macron berjalan kaki, tak jauh dari kawasan GWK. 

Meski didampingi secara ketat oleh para paspampres, Macron masih terus ingin menyapa para warga lokal yang histeris menyambutnya. 

Bahkan, dalam rekaman video momen tersebut yang beredar di media sosial, menunjukkan bahwa ia sempat menggendong bayi dari salah seorang warga yang berada di dekatnya. Tak hanya sekadar menggendong, ia juga sempat mengajak bercanda dan mencium bayi perempuan tersebut.

Presiden Macron yang terus memperlihatkan senyum kepada warga di sana, juga tak segan untuk menyalami warga yang jumlahnya cukup banyak. 

Selain itu, ia juga tak enggan untuk diajak selfie oleh masyarakat di sana. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini