Sukses

Dengungan Malam Misterius Menghantui Kota di Irlandia, Sampai Ganggu Warga Tidur

Dengungan misterius terdengar di kota kecil Omagh, di Irlandia Utara. Hal ini membuat penduduk kota dikabarkan kesulitan tidur ketika malam hari tiba. Dengungan tersebut terjadi secara terus-menerus dan hanya pada larut malam.

Liputan6.com, Omagh - Sebuah suara dengungan misterius terdengar saat malam di Omagh, sebuah kota kecil di Irlandia Utara. Hal ini membuat penduduk kota dikabarkan kesulitan tidur ketika.

Beberapa penduduk di seluruh kota kecil di Irlandia ini telah melaporkan dengungan yang terjadi secara terus-menerus tersebut saat malam.

Sebagaimana dilansir dari laman Odditycentral, Minggu (3/12/2023), merespons laporan tersebut, Dewan Distrik Omagh telah berupaya aktif mengungkap sumber kebisingan tersebut selama beberapa minggu terakhir. Tetapi upaya mereka selalu berakhir dengan kegagalan.

Akhirnya, Dewan Distrik Omagh memanggil para ahli untuk memecahkan misteri suara dengungan tersebut.

Orang-orang menggambarkan suara dengungan tersebut berbeda dengan suara kendaraan. Hanya terdengar pada larut malam yakni sekitar jam 00.00 – 01.00.

Beberapa warga menganggapnya sebagai gangguan tidur dan meminta agar segera dilakukan tindakan untuk mengatasinya. Sementara yang lain mengaku sudah terbiasa dengan fenomena tersebut.

Juru bicara dewan menyatakan kepada BBC, "Petugas menyelidiki penggunaan peralatan khusus, atau pengadaan perusahaan spesialis, untuk membantu mendeteksi sumber kebisingan."

"Karena luasnya wilayah di mana suara tersebut dilaporkan, sulit untuk menentukan dengan tepat sumbernya," tambah juru bicara tersebut. 

Anggota dewan aliansi Stephen Donnelly menekankan kekhawatiran warga terhadap kemampuan mereka untuk tidur nyenyak akibat suara misterius ini. 

"Saya menghargai bahwa ketika sebuah cerita seperti ini diselimuti misteri dan intrik maka hal itu dapat dengan mudah menjadi bahan remeh, tetapi yang pasti dari orang-orang yang saya ajak bicara… mereka sangat khawatir dengan kemampuan yang mereka miliki untuk memastikan mereka tidur nyenyak," kata Stephen Donnelly.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teori Mengenai Sumber Suara dan Kasus Serupa

Sejumlah teori beredar mengenai sumber dari dengungan misterius ini, yakni mulai dari mesin pertanian atau pabrik hingga piring terbang. 

Pihak berwenang setempat dikabarkan berencana untuk mendatangkan ahli suara guna membantu mengungkap misteri suara misterius yang melanda Kota Omargh. 

"Ini seperti suara bergetar, sangat keras di malam hari, sekitar jam 12 atau 1 setiap malam," kata salah seorang pria.

Menariknya, masyarakat Omagh tidak sendirian dalam menghadapi fenomena aneh ini. Sebelumnya, pernah terdengar suara misterius di Desa Holmfield, Inggris selama bertahun-tahun. Suara ini kemudian dikenal sebagai Holmfield Hum atau dalam Bahasa Indonesia adalah Dengungan Holmfield.

Kasus serupa juga pernah terjadi di Kota Windsor, Kanada yang terletak dekat dengan Detroit yakni kota di Amerika Serikat. Suara tersebut dikenal sebagai Windsor Hum atau dalam Bahasa Indonesia adalah Dengungan Windsor.

3 dari 4 halaman

Selain Dentuman di Sumenep, Ini 3 Suara Misterius Ini Pernah Hebohkan Dunia

Sebelumnya suara misterius juga pernah terdengar di salah satu wilayah Indonesia yakni Sumenep maupun di berbagai daerah di dunia.

Saat itu, warga di Kabupaten Sumenep, Madura dibikin heboh setelah mendengar suara dentuman misterius yang berasal dari dalam perut bumi. Suara tersebut dikabarkan seperti suara ketukan dalam tanah.

"Tadi pagi warga heboh karena bunyi mirip ketukan atau seperti orang menggali sumur, makin keras terdengar. Sehingga warga sekitar panik," ujar seorang warga mengutip dari Merdeka.com.

Misteri suara aneh bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, hal ini pernah dialami oleh warga di negara lain. Dikutip dari berbagai sumber, Senin (14/8/2023) berikut 3 suara aneh seperti suara dentuman Sumenep:

1. Suara Misterius di Amerika

Bunyi misterius yang mirip tiupan sangkakala atau terompet itu datang di siang hari, juga tengah malam. Dari mana asalnya, belum diketahui. Video-video merekam kemunculannya di belahan dunia berbeda: Kanada, Ukraina, Amerika Serikat, Jerman, dan Belarus selama hampir 1 dekade.

Video pertama suara mengerikan itu diunggah ke YouTube pada 2008. Seorang user tanpa nama suara memposting bunyi memekakkan telinga di sebuah pemukiman yang diyakini berada di AS.

Selengkapnya klik disini...

4 dari 4 halaman

Viral, Cahaya Api Misterius Terangi Langit Malam Oxford

Membahas sesuatu misterius, sebelumnya penduduk Oxford, Inggris sempat dihebohkan oleh sebuah cahaya misterius. Cahaya api merah menerangi langit Oxford pada Senin malam (2/10). Rekaman kejadian itu pun viral di media sosial. 

Bila dilihat dari kejauhan, cahaya itu membuat langit malam Oxford terlihat seperti langit jingga fajar. 

"Apa itu? Itu masif. Ya Tuhan, lihat itu," ujar seorang pria yang merekam video viral tersebut. 

Berdasarkan laporan BBC, Selasa (3/10/2023), sumber cahaya itu ternyata adalah ledakan di sebuah fasilitas daur ulang limbah makanan. Lokasi disambar petir sehingga terjadi kebakaran. Kepolisian setempat juga berkata ada sambaran petir.

Perusahaan itu adalah Severn Trent Green Power Plant yang berlokasi di Cassington, sebelah utara Oxford. Pabrik itu mengolah limbah makanan menjadi biogas. 

Perusahaan itu berkata sambaran petir itu memicu ledakan pada salah satu tanki biogas pada sekitar pukul 19:20 malam waktu setempat. 

Tidak ada yang terluka pada kejadian ini. Para staf bekerja dengan petugas pelayanan darurat untuk mengamankan lokasi. 

Enam mobil pemadam kebakaran, 40 petugas pemadam, empat ambulans, serta petugas kepolisian dikerahkan ke tempat lokasi.

Selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini