Sukses

Daftar 10 Negara Terbesar di Dunia, Rusia Nomor 1 dan Ini Posisi Indonesia

Berikut ini sepuluh negara terbesar di dunia pada tahun 2023. Intip posisi Indonesia dalam daftar 233 negara di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa metrik berbeda yang digunakan untuk mengukur 10 negara terbesar di dunia. Kendati demikian dalam pembahasan ini berdasar pada total luas daratan, bukan jumlah penduduk. Jadi secara harafiah memang negara-negara terbesar di dunia.

Negara-negara besar ini juga telah diakui PBB. Kira-kira Indonesia posisi berapa?

Berikut ini sepuluh negara terbesar di dunia pada tahun 2023, mengutip BBC Science Focus, Senin (13/11/2023):

10. Aljazair - 2.381.740 km²

Di posisi sepuluh besar, posisi terakhir dalam 10 negara terbesar di dunia ditempati oleh Aljazair, yang memiliki luas total 2.381.740 km².

Negara di Afrika utara ini menjadi negara merdeka pada tahun 1962 setelah perang delapan tahun dengan penjajah Perancis. Sebelumnya, negara dan rakyatnya harus menghadapi pemerintahan asing selama berabad-abad yang dimulai pada abad ke-3 SM pada zaman bangsa Numidians.

Dengan jumlah penduduk sekitar 45,5 juta jiwa, Aljazair pada tahun 2023 terkenal dengan iklim Mediterania dan gurun Sahara, termasuk Tassili n’Ajjer, yang terkenal dengan kekayaan konsentrasi seni cadas, yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986.

9. Kazakstan - 2.724.900 km²

Posisi selanjutnya yakni Kazakstan, yang memiliki luas wilayah 2.724.900 km². Negara besar di Asia Tengah ini meluas ke Eropa melalui sebelah barat Sungai Ural.

Dengan perkiraan populasi hanya di bawah 19,6 juta jiwa, Kazakhstan adalah salah satu negara dengan populasi paling sedikit dalam daftar ini.

Negara ini merdeka dari Uni Soviet pada tahun 1991 setelah bertahun-tahun berada di bawah kekuasaan dan penindasan. Lebih dari satu juta etnis Kazakh kembali memasuki negara itu pada dekade setelah kemerdekaannya.

Dikenal sebagai negara terkurung daratan terbesar di dunia, Stepa Kazakh yang luas adalah bagian terkenal di dunia yang dipenuhi dengan petroglif Zaman Perunggu, gunung, ngarai, dan banyak lagi. Di sinilah banyak misi ke luar angkasa diluncurkan, termasuk Kosmodrom Baikonur.

8. Argentina - 2.780.400 km²

Lalu ada Argentina dengan luas wilayah total 2.780.400 km². Hal ini menempatkan negara Amerika Selatan yang terkenal karena menghadiahkan kepada kita dua pemain sepak bola terbaik di dunia yang pernah ada di urutan kedelapan dalam daftar negara terbesar di dunia.

Dengan perkiraan populasi sekitar 45,75 juta jiwa, Argentina adalah negara sibuk yang dipenuhi dengan pemandangan menakjubkan dan garis pantai sepanjang 4,989 km.

Argentina merdeka dari Spanyol sebagai Provinsi Persatuan Río de la Plata (bersama dengan Bolivia, Paraguay, dan Uruguay) pada tahun 1816. Setelah tiga negara Amerika Selatan lainnya berpisah, Argentina menjadi negara yang kita kenal sekarang. Di luar sepak bola, Argentina terkenal dengan pantainya, pegunungan Andes, Taman Nasional Telampaya, dan air terjunnya yang menakjubkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

7. India - 3.287.263 km²​

Berkat luas total 3.287.263 km², India adalah negara terluas ketujuh di dunia. Ini juga merupakan rumah bagi tempat dengan curah hujan tertinggi di Bumi.

Negara bersejarah dan kuno, yang sebelumnya dikenal sebagai Permata di Mahkota Kerajaan Inggris, telah memiliki pemukim di wilayahnya sejak milenium ke-3 dan ke-2 SM – peradaban Lembah Indus. India terkenal dengan monumen keagamaan dan istananya, satwa liar (termasuk gajah dan harimau), serta geografi pegunungan, gurun, dan Sungai Gangga yang kaya dan beragam.

Dengan perkiraan populasi hampir 1,43 miliar, India adalah negara dengan populasi terpadat dalam daftar ini dan memiliki populasi terbesar di dunia pada tahun 2023 (melampaui Tiongkok).

6. Australia - 7.741.220 km²

Australia sejatinya sangat besar sehingga secara teknis merupakan benua tersendiri. Dengan luas total 7.741.220 km², luas daratan di bawahnya dua kali luas India.

Sebagai ikon budaya pop suatu negara, jika memang ada, Australia terkenal dengan shrimps on the barbie, satwa liar yang berbahaya dan unik (termasuk buaya air asin, koala, dan kanguru), Outback atau Pedalaman, Ayers Rock, dan masih banyak lagi, tidak terkecuali Great Barrier Reef.

Berkat populasinya yang hanya di bawah 26,5 juta jiwa, Australia menjadi negara dengan populasi paling jarang dalam daftar ini, berada tepat di belakang Kazakhstan. Suku Aborigin Australia telah tinggal di wilayah Australia setidaknya selama 60.000 tahun. Tentu saja, negara ini menjadi bagian dari Kerajaan Inggris dan dikenal sebagai rumah bagi lebih dari 150.000 narapidana.

5. Brasil - 8.515.770 km²

Negara terbesar di Amerika Selatan dan belahan bumi selatan, Brasil memiliki luas total 8.515.770 km².

Brasil paling terkenal dengan hutan hujan Amazon, patung Christ the Redeemer (Kristus Penebus) di Rio de Janeiro, dan masih banyak lagi, termasuk kecintaan bangsa ini terhadap sepak bola (tidak ada negara yang memenangkan Piala Dunia FIFA lebih banyak daripada Brasil).

Lebih dari 216,35 juta orang tinggal di Brasil, menjadikannya negara terpadat di benua Amerika Selatan. Negara ini merdeka sepenuhnya pada tahun 1822 setelah lebih dari tiga abad dikuasai Portugis.

3 dari 4 halaman

4. China - 9.596.960 km²

China adalah negara terbesar yang berada di Asia. Luas wilayahnya yang mencapai 9.596.960 km² hanya dikalahkan oleh tiga negara lainnya.

China adalah negara terbesar keempat di dunia berdasarkan luas total dan merupakan negara terbesar kedua di dunia berdasarkan jumlah penduduk. Menurut PBB, China diperkirakan memiliki populasi lebih dari 1,425 miliar jiwa.

Sebuah negara kuno yang berdiri sejak abad ke-13 SM, yang juga dikenal dengan Tiongkok, adalah negara yang sangat tua. Negara komunis ini kini terkenal dengan Tembok Besar, Panda Raksasa, pegunungan Zhangjiajie yang 'mengambang', dan Kota Terlarang, dan masih banyak lagi situs menawan lainnya.

3. Amerika Serikat - 9.833.517 km²

Dengan luas total 9.833.517 km², Amerika Serikat merupakan negara terbesar kedua di Amerika Utara.

Amerika Serikat merdeka dari kekuasaan Inggris pada tahun 1776. Tanah bagi orang-orang merdeka dan rumah bagi para pemberani dengan sejarah perang, kemakmuran, dan pengaruh besar dalam politik dunia.

Berkat Rocky Mountains, Great Lakes, Yellowstone National Park, Death Valley, dan masih banyak lagi (termasuk Grand Canyon), AS adalah negara yang penuh dengan keajaiban alam dan buatan manusia.

Dengan perkiraan populasi hanya di bawah 340 juta orang, ada banyak ruang untuk dijelajahi di Amerika.

2. Kanada - 9.984.670 km²

Luas wilayah Kanada sebesar 9.984.670 km² menjadikannya negara terbesar kedua di dunia dan negara terluas di Amerika Utara, setelah Amerika Serikat.

Untuk negara yang begitu besar, populasi Kanada sangatlah kecil. PBB memperkirakan, pada tahun 2023, Kanada memiliki populasi hanya 38,7 juta jiwa. Sebagai perbandingan, Inggris mempunyai populasi sebesar 67,7 juta jiwa. Jika Anda mencari ruang angkasa, Kanada memilikinya, meskipun wilayah tersebut tertutup salju dan es.

Negara ini adalah rumah bagi Air Terjun Niagara, memiliki hutan luas yang penuh dengan beruang, serigala, dan singa gunung, bison di padang rumputnya, dan memiliki garis pantai terpanjang di dunia (terbagi menjadi lebih dari 52 ribu pulau).

Lake Superior, Huron, dan Great Bear Lake hanyalah beberapa dari 2 juta danau di Kanada (diperkirakan lebih banyak daripada gabungan seluruh danau di dunia).

1. Rusia - 17.098.242km²

Rusia adalah negara terluas di dunia, dengan luas total 17.098.242 km². Luasnya hampir dua kali lebih besar dari Kanada, dan mencakup sekitar 11 persen dari total daratan Bumi.

Rusia begitu besar dimulai dari timur laut Eropa dan membentang di seluruh utara Asia.

Karena lapisan es, lebih dari 60 persen wilayah Rusia tidak dapat dihuni. Berkat sebagiannya yang mencair, beberapa orang berburu gading mamut di negara tersebut.

Dengan jumlah penduduk hanya di bawah 145 juta jiwa, Rusia adalah negara berpenduduk jarang lainnya dalam daftar ini. Karena perang yang sedang berlangsung setelah invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022 dan konflik yang sedang berlangsung, bepergian ke Rusia bukanlah hal yang disarankan.

4 dari 4 halaman

Bagaimana Posisi Indonesia?

Mengutip situs World O Meter, posisi Indonesia berada di urutan ke-15. Dengan kata lain masuk dalam 20 besar negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah).

Posisi Indonesia dalam daftar negara terbesar di dunia. (WorldOmeter)

Dalam daftar 20 negara terbesar yang mendata dari 233 negara, Indonesia terpaut dua tingkat dari Arab Saudi yang berada di urutan ke-13.

Berikut posisinya:

11. Kongo

12. Greenland

13. Arab Saudi

14. Meksiko

15. Indonesia

16. Sudan

17. Libya

18. Iran

19. Mongolia

20. Peru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.