Sukses

Adik Raja Charles III Pangeran Edward Akan ke Indonesia Akhir November 2023, Beri Dukungan ke Generasi Muda RI

Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Dominic Jermey membawa angin segar soal kabar kunjungan adik Raja Charles III yakni Pangeran Edward ke Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Dominic Jermey membawa angin segar soal kabar kunjungan adik Raja Charles III yakni Pangeran Edward ke Tanah Air. Duke of Edinburg itu disebut akan bertandang bulan depan, November.

"Saya sangat gembira bahwa bulan depan, pada tanggal 24/25 November, Pangeran Edward akan datang ke Indonesia," ujar Dubes Dominic Jermey dalam acara Media Gathering di Kedubes Inggris, pada Rabu 25 Oktober 2022 malam.

Acara ini merupakan momen publik pertama sesudah penyerahan surat kepercayaan Dominic Jermey sebagai duta besar luar biasa Inggris kepada presiden Jokowi pada Senin 23 Oktober.

Dubes Dominic Jermey mengatakan bahwa Pangeran Edward akan ke Indonesia dalam rangka memberikan dukungan terhadap generasi muda di Indonesia.

"Ini (Indonesia) adalah negara yang luar biasa dengan generasi mudanya, Indonesia terlahir dengan bonus demografi, dan Duke of Edinburg telah mendukung perkembangan generasi muda di negara ini melalui Duke of Edinburgh Award sejak tahun 1993," imbuhnya.

Dubes Dominic Jermey mengatakan bahwa Duke of Edinburgh Award itu adalah skema yang mendorong kaum muda untuk melakukan pengabdian masyarakat untuk terlibat seperti salah satunya teater dan seni, serta olahraga."Ini adalah skema yang telah dilakukan oleh ratusan ribu anak muda di seluruh dunia," jelasnya.

Dubes Dominic Jermey menyebut Pangeran Edward dan Inggris berupaya agar anak muda Indonesia bisa meraih potensi terbaiknya.

"Dan saya sangat menantikan untuk melihat skema itu dapat berkembang di Indonesia, membantu mencapai potensi tersebut, karena hal ini sangat bermanfaat bagi mereka sebagai individu, dan juga sangat penting bagi negara luar biasa ini, Indonesia, sehingga dapat membantu pengembangan generasi muda untuk memastikan Indonesia mencapai potensinya di kancah dunia," papar Dubes Dominic Jermey.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Dominic Jermey mengatakan Inggris ingin menjadi bagian dari perkembangan menuju kebaikan bagi Indonesia.

"Inggris, dan jika Duke of Edinburgh dapat menjadi bagian dari hal itu. Itu adalah hal berharga," pungkas Dubes Dominic Jermey.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siap Bantu Jokowi Tingkatkan Perdagangan

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Dominic Jermey menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin 23 Oktober 2023.

"Merupakan suatu keistimewaan dan kehormatan besar bagi saya untuk menyerahkan surat kepercayaan saya kepada Presiden Republik Indonesia Yang Mulia Joko Widodo," ujar Jermey, seperti dikutip dari pernyataan pers Kedutaan Besar Inggris di Jakarta yang diterima Rabu (25/10/2023).

Dalam tugas barunya di Tanah Air, diplomat yang pernah bertugas di Afghanistan itu berkomitmen menguatkan hubungan bilateral antara Inggris dan Indonesia di berbagai bidang.

"Kemitraan Inggris dengan Indonesia terus berkembang semakin kuat, berfokus pada bisnis, perubahan iklim, keanekaragaman hayati serta kemakmuran dan keamanan di Indo-Pasifik," tuturnya.

Lebih jauh, Jermey juga berkomitmen untuk meningkatkan nilai perdagangan kedua negara yang telah mencapai 3,5 miliar pound sterling pada tahun 2022.

"Saya ingin mengembangkannya lebih jauh seiring kita terus meningkatkan investasi dua arah," kata Jermey. 

 

3 dari 4 halaman

Sambut Kerja Sama Bidang Transisi Energi Indonesia

Duta besar pengganti Owen Jenkins itu juga menyambut kerja sama antara Inggris dan Indonesia dalam bidang perubahan iklim dan transisi energi, yang ditunjukkan melalui Inisiatif Pembangunan Rendah Karbon.

"Saya sangat menantikan peran baru saya sebagai Duta Besar Inggris untuk Indonesia, bekerja sama dengan teman dan kolega kami dari Sabang hingga Merauke, memberikan manfaat dan menciptakan masa depan yang lebih baik, lebih aman, dan lebih hijau bagi masyarakat kami," ungkapnya.

Sebelum menjabat sebagai duta besar Inggris untuk Indonesia, Jermey sebelumnya bertugas sebagai duta besar untuk Afghanistan pada tahun 2016-2017 dan Uni Emirat Arab pada tahun 2010-2014.

4 dari 4 halaman

11 Dubes Baru Bertugas di Indonesia Selain Dominic Jermey

Dilansir laman Setkab, selain Dubes Dominic Jermey, pada Senin 23 Oktober lalu Jokowi turut menerima surat kepercayaan dari sejumlah duta besar lainnya. 

Adapun 11 duta besar negara sahabat lain yang diterima oleh Presiden Jokowi yaitu:

  1. Sandeep Chakravorty, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik India untuk Republik Indonesia
  2. George Monteiro Prata, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Federasi Brazil untuk Republik Indonesia
  3. Daniel Blockert, Duta Besar LBBP Designate Resident Kerajaan Swedia untuk Republik Indonesia
  4. Tomáš Ferko, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Slovakia untuk Republik Indonesia
  5. Mohammad Boroujerdi, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Islam Iran untuk Republik Indonesia
  6. Nicholas Panayiotou, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Siprus untuk Republik Indonesia
  7. Gustavo Ricardo Coppa, Duta Besar LBBP DesignateResident Republik Argentina untuk Republik Indonesia
  8. Denis Chaibi, Duta Besar LBBP Designate Resident Uni Eropa untuk Republik Indonesia
  9. Shorna-Kay Marie Richards, Duta Besar LBBP Designate Non Resident Jamaika berkedudukan di Tokyo, Jepang
  10. Stefán Haukur Jóhannesson, Duta Besar LBBP Designate Non Resident Islandia berkedudukan di Tokyo, Jepang
  11. Robert Miky Takata Pimentel, Duta Besar LBBP Designate Non Resident Republik Dominika berkedudukan di Tokyo, Jepang 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini