Sukses

Paris Dihantui Serangan Kutu Busuk Meresahkan, Menyebar Hingga Maroko

10 bulan sebelum Olimpiade Musim Panas Paris 2024, ibu kota Prancis berhadapan dengan masalah serius: serangan kutu busuk yang meresahkan.

Liputan6.com, Paris - 10 bulan sebelum Olimpiade Musim Panas Paris 2024, ibu kota Prancis berhadapan dengan masalah serius: serangan kutu busuk yang meresahkan.

Awalnya, hama kecil ini dilaporkan muncul di hotel-hotel dan apartemen sewaan untuk liburan musim panas. 

Namun, seiring berjalannya waktu, mereka juga mulai muncul di bioskop, bahkan baru-baru ini, ada laporan tentang kutu busuk yang merayap di kursi penumpang kereta cepat nasional dan sistem Metro Paris.

Mengutip dari CBS News, Rabu (4/10/2023), seorang pengemudi kereta metro bahkan menemukan beberapa 'tamu' yang tidak diundang di kabinnya, menyebabkan kepanikan di antara para penumpang yang menemukan serangga itu di dalam gerbong.

Reaksi warga Paris pun tergambar di media sosial, di mana penumpang yang terkejut membagikan video serangga tersebut.

Kejadian ini membuat banyak pelancong jadi lebih berhati-hati sebelum duduk atau meletakkan barang-barang di lantai.

Ada penumpang yang "panik" ketika menyadari kehadiran kutu busuk di dalam gerbong kereta, dan mereka tidak bisa turun sampai stasiun berikutnya.

Beberapa bahkan memilih untuk berpindah tujuan perjalanan ke Maroko.

Tidak hanya itu, otoritas pelabuhan di Tangier, Maroko, juga menemukan kutu busuk di feri penumpang yang datang dari Marseille, Prancis selatan. Ini adalah kali pertama serangga dari Prancis terdeteksi di Maroko. 

Setelah tiba di Tangier, penumpang harus menunggu sementara kapal dan kargo untuk  dibersihkan dan disterilkan sebelum mereka diizinkan untuk turun.

Kondisi ini membuat otoritas Maroko mengenalkan protokol pemantauan tambahan untuk mencegah penyebaran kutu busuk dari kapal-kapal lain yang datang dari Prancis.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keluarkan Rp7,8 Juta untuk Basmi Kutu Busuk

Perusahaan yang menangani infestasi serangga di Paris mengatakan mereka tidak dapat menangani jumlah permintaan dalam beberapa minggu terakhir. 

Warga Paris harus merogoh kocek rata-rata $500 atau sekitar Rp7,8 juta untuk membersihkan rumah mereka jika terinfeksi oleh serangga kecil ini.

Pemerintah Kota Paris menyatakan sangat khawatir tentang potensi risiko bagi pengunjung Olimpiade dan Paralimpiade musim panas. 

Wakil Wali Kota Paris Emmanuel Grégoire bahkan menulis surat kepada Perdana Menteri Elisabeth Borne, untuk meminta pemerintah segera menyusun rencana tindakan nasional guna mengatasi masalah ini, ia menyatakan bahwa "kutu busuk adalah masalah kesehatan publik."

Menteri Transportasi Clément Beaune telah mengumumkan pertemuan dengan operator transportasi umum untuk "memberikan rasa aman dan terlindungi" bagi pelancong.

3 dari 4 halaman

Cara Melindungi Diri dari Kutu Busuk

Kutu busuk sangat kecil, tetapi wujudnya masih terlihat dengan mata telanjang. Mereka dapat menyebar dengan mudah dan suka bersembunyi di kasur dan furnitur lembut lainnya seperti tirai, tapi juga di bawah lantai, di soket listrik, dan bahkan di balik wallpaper. 

Mereka keluar pada malam hari untuk makan darah manusia.

Di kota sibuk seperti Paris, wisatawan dapat membawa kutu busuk dalam koper mereka dari hotel yang terinfeksi dan menyebarkannya di tempat-tempat umum seperti metro. 

Ahli pengendalian hama menekankan pentingnya bertindak cepat jika Anda menemukan kutu busuk. 

Semua pakaian dan linen kasur yang mungkin terinfeksi harus dimasukkan dalam kantong sampah dan ditutup erat, lalu semuanya harus dicuci dengan suhu tinggi.

Penting untuk diingat bahwa kebersihan bukanlah faktor utama penyebaran kutu busuk; yang penting adalah tingkat reproduksi mereka yang tinggi dan resistensi terhadap insektisida. 

Ini adalah dua faktor utama yang telah menyebabkan peningkatan serangan kutu busuk di Prancis, menurut laporan dari organisasi kebersihan nasional Prancis, Anses.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Busuk

Berikut cara untuk menghilangkan kutu busuk, seperti melansir Cosmopolitan, Jumat (17/4/2020). 

1. Cuci semuanya

Letakkan semua alas tidur dan pakaian dengan air panas pada suhu 60 derajat celsius selama setidaknya 30 menit.

Atau, jika Anda tidak memiliki mesin cuci, Anda dapat memasukkannya ke dalam kantong plastik di dalam freezer bersuhu -16 derajat celcius selama empat hari.

2. Bersihkan sampai bersih

Selanjutnya, keluarkan barang dan bersihkan semua area rumah. Di sini bisa ditemukan tempat yang kotor dan bersih. Pastikan untuk mengeluarkan kasur dan masuk ke semua celah dan celah yang bisa jadi kutu busuk sembunyi.

3. Panggil bala bantuan

Saat semua tindakan pencegahan yang baik sudah dilakukan, tetapi ada kemungkinan Anda tidak dapat menyingkirkan serangga itu sendiri. Jadi jalan terbaik adalah menghubungi pengendalian hama.

Untuk mencegah datangnya kutu busuk, cobalah untuk tidak menyimpan banyak barang di sekitar tempat tidur dan pastikan untuk memeriksa semua perabot bekas sebelum membawanya ke dalam rumah. Begitu pula dengan barang bawaan dan pakaian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.